Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Pelayanan Publik Online di Kelurahan menggunakan Metode Human-Centered Design (Studi Kasus: Kelurahan Sisir, Kota Batu)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Pungky Aryati Riswan Septriayadi Sianturi Ratih Kartika Dewi

Abstrak

Pelayanan di Kelurahan Sisir, Kota Batu masih dilakukan secara offline dengan cara membawa surat pengantar Rukun Tetangga (RT)/Rukun Warga (RW) dan dokumen pendukung seperti fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Banyaknya antrian pada kantor pelayanan, membuat beberapa permintaan harus ditunda, sedangkan warga tidak memiliki waktu luang untuk datang kembali karena kesibukannya. Penelitian ini memiliki tujuan agar dihasilkan rancangan pengalaman pengguna yang sesuai dengan ekspektasi pengguna dalam segi user experience maupun usability. Human-Centered Design dipilih sebagai metode yang digunakan dalam penelitian ini. Metode ini mengutamakan pengguna yang dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu studi literatur, analisis konteks penggunaan, analisis kebutuhan pengguna, perancangan desain solusi, serta evaluasi desain solusi. Pengujian dilaksanakan dengan menggunakan usability testing yang dilakukan kepada 10 responden. Aspek usability yang diuji meliputi efektivitas, efisiensi, serta kepuasan pengguna. Hasil pengujian efektifitas didapatkan nilai sebesar 86,43%, pengujian efisiensi didapatkan nilai sebesar 0,1725 goals/detik, dan pengujian kepuasan pengguna didapatkan skor sebesar 68 yang dikategorikan good dan grade scale D yang artinya desain masih dapat diterima.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Aryati, P., Sianturi, R., & Dewi, R. Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Pelayanan Publik Online di Kelurahan menggunakan Metode Human-Centered Design (Studi Kasus: Kelurahan Sisir, Kota Batu). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 5, p. 2412-2420, juni 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11072>. Tanggal Akses: 29 juni 2022
Bagian
Artikel