Implementasi Gamifikasi dengan Animasi Lottie pada Aplikasi Media Belajar IPA SMPN 1 Sumberrejo

Implementasi Gamifikasi dengan Animasi Lottie pada Aplikasi Media Belajar IPA SMPN 1 Sumberrejo

Penulis

  • Muhammad Farhan Abdur Rosyid Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Lutfi Fanani Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Tri Afirianto Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

gamifikasi, animasi lottie, media belajar, android

Abstrak

SMPN 1 Sumberrejo merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan pembelajaran secara daring. Platform media pembelajaran yang saat ini digunakan dinilai kurang efektif dalam mendukung proses belajar peserta didik yang berdampak pada menurunnya minat belajar siswa. Pengembangan aplikasi belajar dengan implementasi gamifikasi dan animasi Lottie dapat membantu proses belajar dengan metode daring yang diaplikasikan pada kelompok siswa SMPN 1 Sumberrejo. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengadopsi metode pengembangan Rapid Application Development (RAD). Konsep dan analisis kebutuhan dihasilkan dari proses penemuan kebutuhan yang melibatkan siswa secara langsung. Rancangan sistem diperoleh melalui interpretasi analisis kebutuhan yang dilakukan secara berulang hingga mendapatkan konsep yang sesuai dengan yang diinginkan pengguna. Implementasi rancangan pada aplikasi belajar yang dilakukan dalam 2 bagian, yaitu tahap user design yang memungkinkan terjadinya perubahan dan tahap finalisasi untuk mengoptimalkan algoritma dan penulisan kode. Pengujian yang pertama adalah pengujian black-box untuk memastikan fungsional sistem berjalan sesuai dengan rancangan, yang mendapatkan hasil 100%. Pengujian kedua merupakan pengujian safety-runtime yang membuktikan bahwa aplikasi tidak terjadi force-close saat dijalankan. Pengujian usabilitas mendapatkan nilai learnability sebesar 100%, efficiency sebesar 0,0478 goal/sec, dan error sebesar 0 atau tanpa error. Pengujian dengan pendekatan SUS untuk mendapatkan nilai satisfaction mendapatkan hasil 93,4 dengan kriteria A (90-100). Pengujian partisipasi pengguna menghasilkan 81% siswa mengerjakan penugasan tepat waktu yang meningkat dari sebelumnya sebesar 53% dengan korelasi peningkatan hasil belajar siswa yang didapatkan dari rata-rata nilai sebesar 68,8 yang sebelumnya sebesar 62,9.

Unduhan

Diterbitkan

20 Jun 2022

Cara Mengutip

Rosyid, M. F. A., Fanani, L., & Afirianto, T. (2022). Implementasi Gamifikasi dengan Animasi Lottie pada Aplikasi Media Belajar IPA SMPN 1 Sumberrejo. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(5), 2440–2449. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11078

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...