Perancangan User Experience Aplikasi Salon Online dalam Menghadapi Pandemi di Lina Salon
Kata Kunci:
user experience, design thinking, usability testing, system usability scale, mobile, prototype, pandemic, COVID-19Abstrak
Pandemi Covid-19 memberikan kerugian kepada banyak pihak, salah satunya usaha salon. Semenjak pandemi, usaha salon di kota maupun daerah mendapatkan kerugian omzet yang besar hingga membuat usaha terhenti. Contohnya, pada artikel yang dipublikasikan oleh Media Center Temanggung, para pengusaha salon yang berada di daerah Temanggung Jawa Tengah telah mengalami penurunan omzet hingga 70%. Lina Salon merupakan salah satu usaha salon di daerah Pacitan, Jawa Timur yang berjalan lebih dari 20 tahun. Meskipun telah berjalan 20 tahun dan dikenal baik oleh masyarakat, pelanggan Lina Salon semakin sepi dan mengalami penurunan omzet lebih dari 50%. Dengan harapan untuk menghubungkan kembali terputusnya antara tujuan bisnis Lina Salon dengan pelanggannya, peneliti melakukan perancangan user experience aplikasi salon online sehingga pelanggan lina salon tetap dapat melakukan perawatan kecantikan dan usaha dari Lina Salon dapat kembali berjalan. Metode yang digunakan adalah design thinking karena dari penelitian yang ada, design thinking menghasilkan inovasi solusi dari suatu permasalahan. Hasil akhir penelitian ini berupa high-fidelity prototype dengan nilai usability yang baik. Nilai dari tiga aspek usability yang didapatkan yaitu untuk aspek efektivitas, dari sisi user menghasilkan nilai 91% dan sisi admin menghasilkan nilai 90%. Pada aspek efisiensi menggunakan time based efficiency, dari sisi user menghasilkan nilai 0,282 goals/sec dan sisi admin menghasilkan nilai 0,083 goals/sec. Kemudian untuk pengujian usability aspek kepuasan menggunakan kuisioner SUS, dari sisi user menghasilkan nilai 80% dan dari sisi admin menghasilkan nilai 83,125%.