Sistem Pendukung Keputusan Perbaikan Jalan menggunakan Metode Fuzzy Multi Atribute Decision Making (FMADM) dan Simple Additive Weighting (SAW) (Studi Kasus : Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Jember)
Kata Kunci:
perbaikan jalan, sistem pendukung keputusan, FMADM, SAWAbstrak
Perbaikan jalan telah direncanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan SDA Kabupaten Jember dengan melakukan perbaikan jalan di wilayah Jember Kota sebanyak 50 ruas. Perbaikan jalan ini dilakukan guna menaikkan kualitas ruas jalan dengan kondisi baik menjadi 70 persen yang semula adalah 61,88 persen. Dalam proses penentuan ruas jalan yang akan dilakukan perbaikan terdapat kesulitan yang dihadapi. Banyaknya faktor yang menjadi pertimbangan sehingga memerlukan ketelitian dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan metode FMADM dan SAW pada sebuah sistem pendukung keputusan untuk menentukan peringkat prioritas jalan yang membutuhkan perbaikan. Selain untuk mengimplementasikan algotirma dan mengetahui akurasinya, penelitian juga bertujuan mengetahui tingkat sensitivitas kriteria pada sistem. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil akurasi sebesar 88 persen pada skneario pertama dan 60 persen pada skenario kedua kedua serta mendapatkan nilai koefisien sebesar 0,470 pada pengujian Spearman Rank Correlation. Hasil dari uji sensitivitas mengguakan 9 kriteria sebesar 92,11 persen. Dari hasil uji sensitivitas didapatkan kondisi jalan sedang merupakan kriteria dengan sensitivitas tertinggi dengan 99 perubahan peringkat dan kondisi jalan rusak ringan merupakan kriteria dengan sensitivitas terendah dengan 72 perubahan peringkat.