Penerapan Algoritma Genetika untuk Optimasi Penjadwalan Pondok Pesantren berdasarkan Constraint Ustadz (Studi Kasus: Yayasan Pendidikan Budi Utomo, Gadingmangu, Perak, Jombang)

Penerapan Algoritma Genetika untuk Optimasi Penjadwalan Pondok Pesantren berdasarkan Constraint Ustadz (Studi Kasus: Yayasan Pendidikan Budi Utomo, Gadingmangu, Perak, Jombang)

Penulis

  • Huda Minhajur Rosyidin Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Bayu Rahayudi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Dian Eka Ratnawati Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Algoritma Genetika, Mata Pelajaran, Penjadwalan

Abstrak

Dalam menyusun skema/jadwal dengan proses yang spontan menjadi tidak efektif karenan memakan waktu yang lama, masalah yang ditumbulkan dalam penulisan skema permasalahan pada penyusunan jadwal menjadi komplekssjika pada komponen berjumlah semakin banyak atau bertambah besarnya masing-masing komponen. Diharapkan, jadwal yang dihasilkan tidak hanya terhindar dari bentrokan, tapi juga menyesuakan pada constraint ustadz yang harus terpenuhi. Algoritma Genetika adalah algoritma yang bersifat iterative, menyesuaikan terhadap diri serta algoritma probabilistic dan mencari untuk optimasi yang bersifat global. Saat inisialisasi kromosom dengan membangkitkan data perintah representasi bilangan bulat, dimana kode perintah yang dimasukkan pada setiap gen diacak. Pada jadwal ini memiliki ilustrasi ssolusi pada jadwal jika kromosom mendapatan jumlah fitness yang tinggi. Jumlah parameter algoritma genetika dari hasil uji adalah jumlah ukuran populeasi maksimum yaitu 100, jumlah kombinasi Cr dan Mr adalah 0.5 dan 0.5 dan total gerenasi adalah 1000. Penggunaan parameter pada proses pencarian solusi, mendapatkan jumlah fitness dengan jumlah 0,9977.

Unduhan

Diterbitkan

24 Jun 2022

Cara Mengutip

Rosyidin, H. M., Rahayudi, B., & Ratnawati, D. E. (2022). Penerapan Algoritma Genetika untuk Optimasi Penjadwalan Pondok Pesantren berdasarkan Constraint Ustadz (Studi Kasus: Yayasan Pendidikan Budi Utomo, Gadingmangu, Perak, Jombang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(5), 2517–2522. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11093

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...