Perancangan User Experience Aplikasi Pesenin berbasis Mobile menggunakan Metode Design Thinking
Kata Kunci:
user experience, design thinking, usability testing, pemesanan makanan, katering, pre-orderAbstrak
Pembelian melalui platform pesan-antar makanan adalah salah satu cara yang cukup sering dilakukan masyarakat Indonesia untuk membeli makanan dan minuman. Penulis melakukan wawancara kepada 5 responden untuk menggali kendala saat penggunaan platform pesan antar makanan. Semua responden merasakan permasalahan menu harian yang terlalu monoton, susahnya mencari makanan yang sedang viral, dan tidak bisanya memesan makanan dalam jumlah banyak untuk lain hari pada platform pesan antar makanan. Oleh karena itu, solusi dari permasalahan tersebut adalah membuat user experience aplikasi Pesenin berbasis mobile. Aplikasi Pesenin merupakan aplikasi pemesanan makanan yang diharapkan dapat memudahkan pengguna untuk mendapatkan makanan yang menggunakan sistem layanan katering atau pre-order. Perancangan user experience aplikasi ini dirancang menggunakan metode Design Thinking karena metode ini berfokus kepada calon pengguna dan permasalahan serta berpikiran secara luas untuk menemukan solusi yang baik bagi calon pengguna. Akhir dari penelitian ini dilakukan pengujian usability dengan menguji aspek efektivitas, efisiensi, dan kepuasan. Pengujian aspek efektivitas menghasilkan nilai 100%. Pengujian aspek efisiensi menghasilkan nilai 0.053 goals/second. Pengujian aspek kepuasan menggunakan System Usability Scale (SUS) dan mendapatkan rata-rata skor SUS sebesar 86.56. Skor SUS aplikasi Pesenin mendapatkan B untuk grade scale, excellent untuk adjective rating dan acceptable untuk acceptability.