Analisis Pengaruh Motivasi Belajar Siswa, Kinerja Siswa dan Intensitas Pembimbingan Prakerin terhadap Kesiapan Kerja Siswa Keahlian TIK SMKN 1 Nlgegok

Analisis Pengaruh Motivasi Belajar Siswa, Kinerja Siswa dan Intensitas Pembimbingan Prakerin terhadap Kesiapan Kerja Siswa Keahlian TIK SMKN 1 Nlgegok

Penulis

  • Diah Putri Vidia Sari Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Satrio Hadi Wijoyo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Admaja Dwi Herlambang Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Motivasi Belajar, Kinerja Siswa, Intensitas Pembimbingan Prakerin, Kesiapan Kerja Siswa

Abstrak

Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah inti kejuruan bagi siswa untuk persiapan kerja siswa atau berwirausaha dengan cara menumbuhkembangkan karakter dan budaya kerja professional di DU/DI. TKJ SMKN 1 Nglegok Kota Blitar merupakan satuan pendidikan yang menerapkan materi pembelajaran mirip dengan dunia kerja dan bekerjasama dengan beberapa perusahaan untuk memberi peluang kerja siwa. Penerapan tersebut dapat menguntungkan siswa untuk masuk dunia kerja sesuai bidangnya, namun alumnus yang mendaftar bekerja sesuai bidangnya gambaran kasar masih 25%-30%. Menurut kajur TKJ SMKN 1 Nglegok, pada saat penggalian masalah, motivasi belajar, kinerja siswa didapati sebagai permasalahan kesiapan kerja siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengungkap pengaruh motivasi belajar, kinerja siswa dan intensitas pembimbingan prakerin terhadap kesiapan kerja SMKN 1 Nglegok. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Analisi data berupa regresi linier berganda. Hasil temuan dalam uji T mengungkapkan motivasi belajar berpengaruh signifikan 0.000, kinerja siswa berpengaruh signifikan 0.004, intensitas pembimbingan prakerin berpengaruh signifikan 0.010 terhadap kesiapan kerja. Uji F berpengaruh signifikan 0.000. Koefisien determinasi berdistribusi senilai 66,8%. Hasil akhir penelitian ini adalah rekomendasi penyelenggaraan PKL dengan gambaran rill domain motivasi belajar siswa, kinerja siswa, dan intensitas pembimbingan prakerin yang dapat memengaruhi kesiapan kerja siswa.

Unduhan

Diterbitkan

04 Jul 2022

Cara Mengutip

Sari, D. P. V., Wijoyo, S. H., & Herlambang, A. D. (2022). Analisis Pengaruh Motivasi Belajar Siswa, Kinerja Siswa dan Intensitas Pembimbingan Prakerin terhadap Kesiapan Kerja Siswa Keahlian TIK SMKN 1 Nlgegok. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(5), 2542–2548. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11106

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...