Pengembangan Game Edukasi Kata Benda Bahasa Arab Pendahuluan dengan Iterative With Rapid Prototyping

Pengembangan Game Edukasi Kata Benda Bahasa Arab Pendahuluan dengan Iterative With Rapid Prototyping

Penulis

  • Arief Alamsyah Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Eriq Muhammad Adams Jonemaro Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Muhammad Aminul Akbar Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Pengembangan, video game, Bahasa arab, Iterative With Rapid Prototyping , System Usability Scale (SUS), Game Experience Questionnaire (GEQ)

Abstrak

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa utama pada sebagian besar orang di daerah Timur Tengah dan Afrika Utara. Bahasa arab merupakan bahasa yang digunakan pada 25 negara dan digunakan sebagai bahasa peribadatan agama Islam dikarenakan merupakan bahasa yang dipakai pada Al Qur'an selaku kitab suci agama Islam. Namun dikarenakan bahasa Arab itu sendiri tidak digunakan sebagai bahasa utama , cukup sulit bagi banyak orang untuk mempelajari bahasa Arab semudah Bahasa Indonesia dikarenakan ketertarikan yang rendah. Dengan memanfaatkan perangkat yang ada seperti desktop atau mobile dan menggunakan game edukasi mengenai pembelajaran Bahasa Arab sebagai media, dapat mempermudah pengguna dalam mempelajari Bahasa Arab dapat meningkatkan ketertarikan seseorang. Menggunakan metode Iterative With Rapid Prototyping sebagai metode pengembangan yang digunakan untuk pengembangan game edukasi. Dalam proses pengembangan, pengulangan dapat dilakukan apabila terjadinya kesalahan dalam setiap tahap ditemukannya masalah. Setelah pengembangan berhasil di implementasi, game akan diuji menggunakan metode System Usability Scale (SUS) untuk mengetahui bahwa tidak adanya masalah dalam sistem game edukasi dan menguji pengalaman game pengguna ketika memainkan game menggunakan Game Experience Questionnaire (GEQ) dengan core questionnaire module.

Unduhan

Diterbitkan

04 Jul 2022

Cara Mengutip

Alamsyah, A., Jonemaro, E. M. A., & Akbar, M. A. (2022). Pengembangan Game Edukasi Kata Benda Bahasa Arab Pendahuluan dengan Iterative With Rapid Prototyping. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(6), 2549–2556. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11107

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...