Perancangan User Experience Aplikasi Promosi Wisata Lahor di Masa Pandemi menggunakan Metode Design Thinking
Kata Kunci:
pengalaman pengguna, design thinking, usability testingAbstrak
Pada awal tahun 2020, pandemi Covid-19 memberikan dampak yang merugikan banyak pihak. Sektor pariwisata merupakan salah satu bidang yang dirugikan oleh datangnya Covid-19. Semenjak kehadiran Covid-19, banyak tempat wisata yang ditutup atas peraturan pemerintah untuk membatasi masyarakat melakukan kegiatan di luar rumah. Hal ini mengakibatkan kerugian yang cukup besar bagi pemilik tempat wisata dikarenakan berkurangnya pengunjung sejak adanya pandemi, salah satunya adalah tempat wisata Lahor. Pengunjung tempat wisata Lahor semakin sepi hingga mengalami penurunan omzet lebih dari 50%. Dengan harapan membantu pengelola wisata dalam mempromosikan kembali tempat wisata Lahor, penulis melakukan perancangan user experience aplikasi promosi tempat wisata Lahor di masa pandemi menggunakan metode design thinking sehingga masyarakat dapat berwisata di tempat wisata Lahor secara virtual dan mengunjunginya secara langsung di kemudian hari. Penulis menggunakan metode design thinking karena berdasarkan penelitian-penelitian yang sudah ada, design thinking mampu menghasilkan inovasi solusi dari suatu permasalahan. Penelitian ini memberikan hasil akhir berupa high-fidelity prototype. Pengujian ini menggunakan usability testing untuk menguji aspek efektifitas, aspek efisiensi, dan aspek kepuasan pengguna. Dari hasil pengujian yang dilakukan, desain solusi aplikasi ini mendapatkan skor aspek efektifitas sebesar 99%, aspek efisiensi sebesar 0,0868 goals/sec, serta aspek kepuasan pengguna sebesar 91%. Berdasarkan hasil dari System Usability Scale, desain solusi aplikasi Visit Lahor masuk dalam kategori Grade A, adjective rating excellent, dan termasuk kategori acceptable.