Evaluasi User Experience pada Game Mobile Legend menggunakan Cognitive Walkthrough

Evaluasi User Experience pada Game Mobile Legend menggunakan Cognitive Walkthrough

Penulis

  • Drajat Khoirul Muslim Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Eriq Muhammad Adams Jonemaro Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Tri Afirianto Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Kata Kunci: Game Mobile, User Experience,User Interface,Cognitive Walkthrough.

Abstrak

Video game yang dimainkan secara online memerlukan perangkat game yang terhubung ke internet agar dapat berfungsi. Game online yang dapat dimainkan di perangkat seluler termasuk yang paling mudah diakses. Dalam game digital, tampilan—juga dikenal sebagai game interface—memungkinkan pemain untuk berinteraksi dengan game. Antarmuka gim ini berisi setiap tanda, teks, gambar, dan petunjuk. Pengembang harus menilai antarmuka yang dihasilkan untuk mendapatkan antarmuka yang bagus. Cognitive walkthrough adalah salah satu teknik analisis yang dapat digunakan untuk menilai kegunaan user interface. Tiga versi Cognitive Walkthrough tersedia. Gagasan kognitif yang harus dimiliki individu yang melakukan evaluasi disorot dalam versi pertama. Karena sangat rumit dan memakan waktu, versi kedua dapat dianggap gagal. Iterasi ketiga dari Cognitive Walkthrough sangat mudah dan efisien. Persiapan, analisis, dan tindak lanjut adalah tiga tahap dalam iterasi ketiga Cognitive Walkthrough. Kedua responden—dua orang—belum pernah bermain game ponsel. Temuan responden kemudian akan ditabulasi dan disajikan dalam bentuk tabel dengan penjelasan untuk membantu pemahaman yang lebih mendalam. Respons tersebut mencakup individu sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, perguruan tinggi, bahkan mereka yang sudah bekerja.

Unduhan

Diterbitkan

04 Jul 2022

Cara Mengutip

Muslim, D. K., Jonemaro, E. M. A., & Afirianto, T. (2022). Evaluasi User Experience pada Game Mobile Legend menggunakan Cognitive Walkthrough. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(6), 2567–2572. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11110

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...