Perancangan User Experience Aplikasi Pemesanan Water Tank di Kota Kupang menggunakan Metode Human Centered Design
Kata Kunci:
pelanggan air bersih, kota kupang, user experience, human centered design, usability testingAbstrak
Kota Kupang adalah salah satu kota yang mengalami dampak kesulitan air bersih di indonesia. Permasalahan ini sudah muncul selama bertahun-tahun silam dikarenakan sumber air di kota yang cukup terbatas. Oleh karena itu banyak dari sektor swasta yang mengembangkan usaha pelayanan air bersih dengan memanfaatkan air bawah tanah (air sumur bor dengan kedalaman > 80 m), dimana di distribusi ke rumah-rumah tangga dengan menggunakan mobil tangki air. Tetapi dalam pelaksanaannya pengusaha air sumur bor, mengalami kesulitan dalam penjualan airnya ke pemilik mobil tangki air. Hal ini dikarenakan hampir sebagian masyarakat Kota Kupang belum mengetahui adanya mobil tangki air yang diambil dari beberapa air sumur bor di Kota Kupang. Selain itu dari segi pelanggan juga menjadi kesulitan dalam mendapatkan air bersih. Perancangan aplikasi pemesanan water tank di kota kupang ini dilakukan menggunakan pendekatan yaitu metode Human Centered Design. Metode tersebut sangat tepat dalam penelitian ini dikarenakan langsung berpusat pada pengguna. Adapun aplikasi ini berbentuk mobile dengan menggunakan sistem operasi berupa android. Pada tahap pengujian dilakukan menggunakan metode usability testing kepada 10 responden dengan latar belakang merupakan pelanggan air tangki di Kota Kupang. Selanjutnya diperoleh nilai usability pada aspek efektivitas sebesar 90%, pada aspek efisiensi sebesar 0,076 goals/sec, dan terakhir pada aspek kepuasan pengguna sebesar 82 dimana merupakan kategori A. Kemudian pada tahap terakhir dilakukan evaluasi kembali guna mendapatkan hasil maksimal yang dapat diterima oleh pengguna.