Pengembangan Aplikasi Marketplace Komunitas Sepeda berbasis Android

Pengembangan Aplikasi Marketplace Komunitas Sepeda berbasis Android

Penulis

  • Haviz Prasetya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Nurudin Santoso Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Komunitas Sepeda, React Native, Waterfall, Marketplace, Graphql

Abstrak

Olahraga menjadi salah satu aktivitas yang menjdi wadah dalam menyalurkan hobi, mengisi waktu luang, bahkan menjadi wadah dalam bersosialisasi. Salah satu aktivitas olahraga yang banyak dilakukan serta mudah dijumpai adalah bersepeda. Aktivitas bersepeda kini tak hanya dilakukan secara individu, namun banyak dilakukan dalam bentuk kelompok, oleh karena itu saat ini banyak bermunculan berbagai komunitas sepeda. Kemunculan komunitas sepeda membuat antar anggota lebih mudah bertukar informasi terkait hal tentang sepeda bahkan melakukan jual beli satu sama lain terhadap sparepart atau sepeda itu sendiri. Namun, proses jual beli yang dinilai kurang menjangkau anggota yang luas maka diperlukan suatu wadah untuk menangani permasalahan tersebut maka dibuatlah suatu aplikasi marketplace khusus untuk menjual segala kebutuhan sepeda. React Native, Graphql, MongoDB merupakan beberapa teknologi yang dipakai pada aplikasi ini. Metode Waterfall digunakan sebagai acuan aplikas ini dibuat karena proses elisitasi diawal yang mempunyai kelebihan menjaga kualitas dari sistem yang akan dibangun. Di tahap akhir dilakukan pengujian sistem dengan metode whitebox dan blackbox untuk memastikan semua fungsi berjalan dengan baik.

Unduhan

Diterbitkan

20 Jul 2022

Cara Mengutip

Prasetya, H., & Santoso, N. (2022). Pengembangan Aplikasi Marketplace Komunitas Sepeda berbasis Android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(6), 2747–2753. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11171

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...