Perancangan User Experience Aplikasi Pendaftaran Bantuan Langsung Tunai UMKM Kota Malang pada Masa Pandemi
Kata Kunci:
Bantuan Langsung Tunai, UMKM, User Experience, Human-Centered Design, Usability TestingAbstrak
Sejak 14 Agustus 2020, pemerintah memberikan bantuan sosial yaitu Bantuan Langsung Tunai UMKM sebanyak 1,2 juta untuk pelaku UMKM. Proses pengajuan tersebut dilakukan secara online melalui Google Form yang dikelola oleh Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Malang. Tetapi proses pengajuan tersebut terdapat masalah seperti kurangnya informasi, pada Google Form tidak ada kelanjutan pengumuman diterima tidaknya pengajuan tersebut, beberapa pengaju tidak bisa mengakses link pengajuan. Sehingga dari berbagai masalah tersebut, peneliti akan merancang User experience pada Aplikasi Pendaftaran Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM Kota Malang Pada Masa Pandemi. Untuk metode dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan Human Centered Design (HCD). Metode tersebut berfokus pada manusia dan pengguna yang dapat membantu peneliti dalam merancang desain solusi sesuai dengan kebutuhan pengguna dan usability sistem untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan efektifitas agar masyarakat mendapat kepuasan tersendiri. Pada tahap akhir, peneliti melakukan pengujian usability ke lima responden, dengan mendapatkan hasil yaitu nilai sebesar 100% pada aspek efektivitas, 0,085 goals/second pada aspek efisiensi, dan 82.5 dengan kategori Excellent serta skala A pada aspek kepuasan pengguna. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa desain solusi yang telah dirancang dapat diterima.