Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Learning menggunakan Metode Pendekatan Human-Centered Design (Studi Kasus: SD Negeri Pagerwojo Kabupaten Sidoarjo)
Kata Kunci:
mobile learning, user experience, human-centered design, usability testing, pengujian user experienceAbstrak
Pandemi Covid 19 melumpuhkan segala aktivitas tatap muka yang berdampak pada seluruh aspek kehidupan termasuk aspek pendidikan. SD Negeri Pagerwojo merupakan salah satu instansi pendidikan yang ikut terdampak dengan mengganti proses pembelajarannya menjadi daring. Namun, fasilitas yang disediakan oleh sekolah belum mencukupi. Hal ini terlihat dari media yang digunakan untuk proses pembelajaran yaitu melalui aplikasi perpesanan WhatsApp yang memiliki beberapa kendala dalam proses penyampaian pembelajaran. Berawal dari permasalahan tersebut, pemanfaatan teknologi informasi dipandang menjadi solusi yang dapat mewadahi berbagai layanan sekolah secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk merancang user experience aplikasi mobile learning yang baik menggunakan metode pendekatan Human-Centered Design (HCD) dengan melibatkan stakeholder dan pengguna pada setiap tahapannya. Tahapan tersebut dilakukan dengan menentukan konteks penggunaan, menganalisis kebutuhan pengguna, pembuatan solusi desain dan mengevaluasi solusi desain. Evaluasi solusi desain dilakukan menggunakan metode usability testing dan pengujian user experience. Hasil evaluasi pada aspek effectiveness menghasilkan angka keberhasilan sebesar 100%, aspek efficiency menghasilkan 0,03 goals/sec dan aspek satisfaction menghasilkan rata-rata nilai 6,2. Pengujian user experience menghasilkan skala penilaian daya tarik, efisiensi, ketepatan, stimulasi dan kebaruan dengan kategori excellent dan skala kejelasan dengan kategori good. Dari hasil evaluasi kemudian dilakukan perbaikan untuk menghasilkan solusi desain yang lebih baik.