Perancangan User Interface Sistem Informasi Pengelolaan Data Nilai Siswa berbasis Mobile menggunakan Metode Human Centered Design (Studi Kasus SMKN 2 Banjarbaru)
Kata Kunci:
pengelolaan nilai, mobile, Human Centered Design, Heuristic Evaluation, Perancangan, User InterfaceAbstrak
Pengaruh perkembangan teknologi dalam kehidupan dapat dirasakan pada aspek pendidikan. Namun belum banyak sekolah yang menerapkan hal tersebut di karnakan masih banyak keterbatasan yang ada. Pada SMK 2 Banjarbaru proses pengelolaan data nilai siswa pada proses penginputan nilai dan presensi siswa masih belum ada sistem yang membantu. Didapatkan dari permasalahan tersebut peneliti membuat sebuah perancangan User Interface Sistem Informasi Pengelolaan Data Nilai Siswa Berbasis Mobile menggunakan pendekatan Human Centered Design, bertujuan untuk menghasilkan rancangan yang berpedoman kepada pengguna, sesuai dengan kebutuhan konteks penggunaan dan spesifikasi kebutuhan pengguna. Selain berfokus pada perancangan tampilan, mengacu juga kepada usability. Evaluasi usability menggunakan metode Heuristic Evaluation. Hasil pengujian usability pada user interface SIAKSE (Sistem Akademik Sekolah) oleh domain expert dan usability expert ditemukan total 11 permasalahan dan 5 saran perbaikan yang diberikan evaluator.