Pengaruh Kualitas Informasi terhadap Niat Pembelian Kembali Konsumen pada E-Commerce
Kata Kunci:
e-commerce, information quality, customer loyalty, repurchase intention, customer satisfaction, SEM-CBAbstrak
Teknologi mobile saat ini semakin mengalami peningkatan setiap waktunya sehingga dapat mempercepat terciptanya inovasi dan juga adopsi teknologi. Salah satu dampak dari adanya teknologi yaitu dalam hal transaksi jual-beli. Saat ini aktivitas jual-beli secara online telah menjadi hal yang umum bagi semua orang. Perilaku pembelian kembali pelanggan terhadap suatu produk atau layanan perusahaan merupakan salah satu hal yang diharapkan oleh perusahaan. Tidak mudah bagi perusahaan untuk dapat menciptakan perilaku pembelian kembali bagi pelanggan. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi niat beli kembali pelanggan yaitu kepuasan dan kepercayaan pelanggan, serta kepercayaan dan kepuasan pelanggan tersebut didorong oleh kualitas dari informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas informasi terhadap niat membeli kembali konsumen di e-commerce. Selain itu, penelitian ini juga menjelaskan bagaimana pengaruh kepuasan pengguna dan loyalitas pelanggan pada niat membeli kembali konsumen. Penelitian ini menggunakan metode SEM-CB dengan menyebarkan kuesioner pada 326 responden. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan salah satu hipotesis yang dinyatakan tidak diterima yaitu customer satisfaction terhadap repurchase intention dengan nilai P-Value 0.116. Banyaknya seller di dalam e-commerce, membuat pembeli memiliki banyak opsi untuk benchmarking sebelum membeli ulang produk.