Analisis Minat Bermain pada Gim DOTA 2 dengan Metode Game Design Factors
Kata Kunci:
game design factors, MOBA, Defense of the Ancients 2Abstrak
Defense of the Ancients 2 (DOTA 2) merupakan aplikasi permainan PC yang bergenre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA). Aplikasi permainan ini memiliki 900 ribu pengguna aktif harian pada tahun 2019. Untuk mengetahui alasan di balik tingginya jumlah pemain aktif aplikasi permainan DOTA2, sangatlah penting untuk mengumpulkan informasi agar dapat dilakukan evaluasi terhadap perilaku para gamer yang terbagi dalam 2 pihak. Pihak pertama adalah orang-orang yang memainkan DOTA2 tetapi tidak memainkan aplikasi permainan MOBA lainnya. Pihak kedua adalah orang-orang yang memainkan DOTA 2 tetapi memainkan aplikasi permainan MOBA lainnnya. Metode campuran akan digunakan untuk pengumpulan informasi khususnya wawancara di kualitatif serta kuesioner di kuantitatif yang didasarkan pada game design factors. Sesudah pengumpulan informasi, evaluasi dapat dilakukan untuk menemukan perbedaan ukuran nilai mean kuesioner di antara 2 pihak serta untuk menemukan hubungan antara nilai kuesioner dan hasil wawancara agar kesimpulan dapat ditarik. Hasil evaluasi kuesioner antar 2 pihak menghasilkan 11 pernyataan perbedaan yang tidak signifikan serta 24 perbedaan yang signifikan, sementara hasil dari wawancara responden membuktikan bahwa game design factors memiliki alasan dan dampak dengan banyaknya jumlah pemain aktif aplikasi permainan DOTA2