Pengaruh Reputation dan EWOM terhadap Repurchase Intention Konsumen pada E-Commerce

Pengaruh Reputation dan EWOM terhadap Repurchase Intention Konsumen pada E-Commerce

Penulis

  • Faried Fajar Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Diah Priharsari Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Retno Indah Rokhmawati Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

e-commerce, repurchase intention, electronic word of mouth, reputation, customer trust

Abstrak

Pada revolusi industri 4.0, perusahaan diharapkan dapat melakukan berbagai inovasi agar dapat mampu beradaptasi dan bersaing dengan perusahaan lain. Seiring semakin berkembangnya teknologi informasi, penggunaan teknologi pada masyarakat luas juga semakin tinggi. E-commerce yang merupakan hasil dari kecanggihan teknologi memberikan beberapa manfaat seperti dapat lebih meningkatkan informasi dan transaksi penjualan produk secara lebih luas di pasar global. Dalam kegiatan jual beli, setiap perusahaan tentu akan berusaha untuk mempertahankan konsumen mereka. Meningkatkan minat beli kembali (repurchase Intention) konsumen terhadap produk atau jasa perusahaan merupakan tantangan bagi setiap perusahaan. Banyak sekali faktor yang mendorong konsumen dalam melakukan pembelian ulang. Beberapa faktor yang menjadi pembahasan dalam penelitian ini yaitu reputasi, eWOM, dan kepercayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor-faktor tersebut mempengaruhi sikap konsumen dalam melakukan pembelian kembali suatu produk. Metode yang digunakan dalam mengolah data pada penelitian ini yaitu SEM-CB. Penggunaan metode SEM-CB dikarenakan pada penelitian ini dilakukan konfirmasi beberapa teori yang berkaitan dengan penelitian ini. Sedangkan teknik yang digunakan untuk memperoleh data yaitu dengan menggunakan survei. Setelah dilakukan survei, didapatkan data sebanyak 326 data dari responden pengguna e-commerce. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu reputasi, kepercayaan, dan juga eWOM berpengaruh terhadap niat beli kembali konsumen.

Unduhan

Diterbitkan

04 Agu 2022

Cara Mengutip

Fajar, F., Priharsari, D., & Rokhmawati, R. I. (2022). Pengaruh Reputation dan EWOM terhadap Repurchase Intention Konsumen pada E-Commerce. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(6), 3007–3016. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11257

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...