Evaluasi Usability pada Website Skilvul sebagai Massive Open Online Courses (MOOCS) menggunakan Metode Think-Aloud
Kata Kunci:
evaluasi, usability, MOOCs, severity ratings, rekomendasi perbaikanAbstrak
Skilvul menjadi salah satu MOOCs di Indonesia, menyediakan konten pelajaran digital skilss dengan metode “blended-learning†dalam bentuk online maupun offline. Melalui observasi awal, beberapa pengguna Skilvul, mengungkapkan permasalahan terkait input jawaban pada soal latihan, beberapa aksi tidak diberi alert atau pop-up, dan aksi alternatif tercepat untuk keluar dari sistem. Maka tujuan penelitian untuk menemukan masalah, mengevaluasi, menganalisa, dan memberikan rekomendasi perbaikan. Metode yang digunakan adalah Think-Aloud dan analisis menggunakan Usability Checklist for MOOCs. Sebanyak 8 pengguna melakukan pengujian secara daring menggunakan 12 task scenario dan diberikan severity ratings terkait permasalahan yang ditemukan. Severity ratings merupakan tingkat keparahan permasalahan. Didapatkan 27 permasalahan terdiri dari 9 permasalahan ditemukan pengguna saja dan juga terdapat 18 permasalahan ditemukan oleh peneliti saja. Rekomendasi perbaikan diberikan mulai severity ratings dengan nilai tertinggi yaitu 4 (catastrophe), sedang yaitu 3 (mayor problem), sampai terendah yaitu 2 (minor problem) dan untuk severity ratings 1 (cosmetic problem) tidak diberikan rekomendasi perbaikan. Rekomendasi perbaikan diberikan berdasarkan usability checklist for MOOCs. Terdapat 7 panduan yaitu kursus secara General, kursus berdasarkan penyajian materi, informasi dan notifikasi, interaksi dan diskusi, pencegahan kesalahan, konteks lainnya, dan usability secara umum. Rekomendasi lainnya juga diberikan berdasarkan kesamaan permasalahan yang didapat pengguna dan dianalisis apakah layak untuk ditindaklajuti.