Perancangan User Experience Aplikasi Toko Air Minum menggunakan Metode Pendekatan Human Centered Design (Studi Kasus: Toko Berkat di Cibubur)
Kata Kunci:
pengalaman pengguna, human centered design, usability testing, user experience questionnaireAbstrak
Aplikasi Toko Air Minum adalah aplikasi yang dirancang untuk mempermudah pemilik toko dalam memberikan pelayanan yang baik serta mempermudah customer dalam dalam melakukan transaksi. Penelitian ini dilakukan untuk membuat rancangan pengalaman pengguna yang baik untuk penggunanya. Metode yang digunakan dalam membuat rancangan ini adalah metode HCD (Human-Centered Design) yang memiliki memiliki 3 tahapan utama, yaitu inspiration, ideation, dan implementation. Pengujian aplikasi ini dilakukan dengan menggunakan usability testing dan pengisian User Experience Questionnaire (UEQ) terhadap 2 pengguna aplikasi. Hasil pengujian untuk aplikasi pemilik menunjukkan bahwa rancangan yang dibuat mendapatkan nilai efektivitas sebesar 92.5%, nilai efisiensi sebesar 0.12 goals/detik, dan nilai kepuasan pengguna sebesar 82.5. Sedangkan untuk aplikasi customer menunjukkan nilai efektivitas sebesar 90.18%, nilai efisiensi sebesar 0.216 goals/detik, dan nilai kepuasan pengguna sebesar 81.43. Kemudian dari hasil UEQ pada aplikasi pemilik memiliki nilai excellent pada aspek attractiveness, efficiency, dependability, stimulation, dan novelty serta memiliki nilai good pada aspek perspicuity. Sedangkan pada aplikasi customer memiliki nilai good pada aspek attractiveness, efficiency, dan dependability serta memiliki nilai above average pada aspek perspicuity, stimulation, dan novelty. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa desain solusi dapat diterima dengan nilai usability yang baik dan pengalaman pengguna yang positif karena memiliki nilai yang tiap aspeknya diatas rata-rata.