Perbandingan Algoritma Naive Bayes dan Support Vector Machine untuk Analisis Sentimen terhadap Review Produk Aster Kosmetik Malang Marketplace Shopee
Kata Kunci:
Aster Kosmetik Malang, Klasifikasi, Review, Naive Bayes, Support Vector MachineAbstrak
Aster Kosmetik Malang merupakan toko kencantikan popular yang berada di Kota Malang. Aster Kosmetik menggunakan platform belanja online Shopee sebagai media promosi produk. Belanja online memberi banyak kemudahan ditengah pandemi covid-19. Pada platform belanja online terdapat fitur untuk menambahkan review produk, dimana review produk dapat digunakan sebagai pertimbangan bagi calon pembeli dalam mengambil keputusan. Shopee digunakan sebagai sumber data untuk analisis sentimen terhadap review produk Aster Kosmetik Malang. Data review diklasifikasikan kedalam kategori positif, negatif, dan netral. Pengklasifikasian dilakukan dengan membandingkan algoritma Naive Bayes dan Support Vector Machine. Pada penelitian menggunakan data sebanyak 300 data untuk klasifikasi 3 sentimen yaitu positif, negatif, dan netral kemudian 200 data untuk klasifikasi 2 sentimen yaitu positif dan negatif. Pengujian dengan membandingkan kedua metode menggunakan parameter uji yang sama yaitu presentase data latih dan data uji 80%:20% dan cv=10. Hasil klasifikasi mendapatkan nilai akurasi tertinggi metode Support Vector Machine pada klasifikasi 2 sentimen dengan nilai akurasi 87.56%, precision 88.81%, recall 86.76% dan f-measure 86.85%, hasil akurasi tertinggi pada klasifikasi 3 sentimen metode Support Vector Machine dengan nilai akurasi 79.71%, precision 81.56%, recall 79.56% dan f-measure 79.36%.