Perbandingan Algoritma Naive Bayes dan Support Vector Machine untuk Analisis Sentimen terhadap Review Produk Aster Kosmetik Malang Marketplace Shopee

Perbandingan Algoritma Naive Bayes dan Support Vector Machine untuk Analisis Sentimen terhadap Review Produk Aster Kosmetik Malang Marketplace Shopee

Penulis

  • Dhiva Mustikananda Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Dian Eka Ratnawati Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Bayu Rahayudi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Aster Kosmetik Malang, Klasifikasi, Review, Naive Bayes, Support Vector Machine

Abstrak

Aster Kosmetik Malang merupakan toko kencantikan popular yang berada di Kota Malang. Aster Kosmetik menggunakan platform belanja online Shopee sebagai media promosi produk. Belanja online memberi banyak kemudahan ditengah pandemi covid-19. Pada platform belanja online terdapat fitur untuk menambahkan review produk, dimana review produk dapat digunakan sebagai pertimbangan bagi calon pembeli dalam mengambil keputusan. Shopee digunakan sebagai sumber data untuk analisis sentimen terhadap review produk Aster Kosmetik Malang. Data review diklasifikasikan kedalam kategori positif, negatif, dan netral. Pengklasifikasian dilakukan dengan membandingkan algoritma Naive Bayes dan Support Vector Machine. Pada penelitian menggunakan data sebanyak 300 data untuk klasifikasi 3 sentimen yaitu positif, negatif, dan netral kemudian 200 data untuk klasifikasi 2 sentimen yaitu positif dan negatif. Pengujian dengan membandingkan kedua metode menggunakan parameter uji yang sama yaitu presentase data latih dan data uji 80%:20% dan cv=10. Hasil klasifikasi mendapatkan nilai akurasi tertinggi metode Support Vector Machine pada klasifikasi 2 sentimen dengan nilai akurasi 87.56%, precision 88.81%, recall 86.76% dan f-measure 86.85%, hasil akurasi tertinggi pada klasifikasi 3 sentimen metode Support Vector Machine dengan nilai akurasi 79.71%, precision 81.56%, recall 79.56% dan f-measure 79.36%.

Unduhan

Diterbitkan

11 Agu 2022

Cara Mengutip

Mustikananda, D., Ratnawati, D. E., & Rahayudi, B. (2022). Perbandingan Algoritma Naive Bayes dan Support Vector Machine untuk Analisis Sentimen terhadap Review Produk Aster Kosmetik Malang Marketplace Shopee. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(7), 3137–3144. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11290

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...