Eksplorasi Faktor yang Mempengaruhi Minat Pembelian Gacha pada Game Online

Eksplorasi Faktor yang Mempengaruhi Minat Pembelian Gacha pada Game Online

Penulis

  • Devin Prayogo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Diah Priharsari Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Andi Reza Perdanakusuma Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

game, game online, gacha, pembelian, pengaruh

Abstrak

Dengan penyebaran smartphone yang semakin cepat, aplikasi game seluler meningkat di seluruh dunia. Game akhirnya mulai berkembang dan muncul yang bernama game online. Game online merupakan permainan elektronik yang terhubung dengan jaringan internet yang dimainkan melalui berbagai perangkat game, dan bisa dimainkan oleh banyak pengguna di waktu yang sama. Meskipun dapat dimainkan secara gratis, pemain dapat menggunakan uangnya dalam Game untuk meng-improvisasi pengalamannya bermain game. Pemain dapat membeli item yang membuat permainannya menjadi lebih cepat untuk naik level, atau mendapat item limited untuk meningkatkan pengalaman bermain. Karena banyak orang mengeluarkan uangnya untuk melakukan pembelian di dalam game, muncullah fitur bernama gacha. Pemain dapat membeli gacha tersebut dengan menggunakan sejumlah uang atau biasa disebut dengan melakukan top-up. Dari pembelian gacha, pemain akan mendapatkan hadiah secara acak, dengan tingkat kelangkaan hadiah yang berbeda beda, oleh karena itu orang menyebutnya mirip dengan perjudian dan undian. Gacha tampaknya memotivasi dan memunculkan keinginan membeli pemain sehingga pemain menghabiskan lebih banyak uang untuk melakukan gacha pada game meskipun harga dan persentase kemenangan mendapat hadiah langka ditentukan penyedia game. Tujuan dari penelitian ini adalah penulis mencari tau Apa saja faktor dalam pembelian gacha pada game online, dan pengaruh gacha dalam pengalaman bermain game online. Penelitian kali ini, penulis menggunakan metode kualitatif.

Unduhan

Diterbitkan

11 Agu 2022

Cara Mengutip

Prayogo, D., Priharsari, D., & Perdanakusuma, A. R. (2022). Eksplorasi Faktor yang Mempengaruhi Minat Pembelian Gacha pada Game Online. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(7), 3189–3198. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11302

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...