Perancangan User Experience Aplikasi Jasa Pengiriman Kendaraan Bermotor menggunakan Metode Pendekatan User Centered Design (Studi Kasus: Cakwar888)
Kata Kunci:
user experience, user centered design, usability testing, user experience questionnaireAbstrak
Cakwar888 merupakan jasa pengiriman premium dengan spesialisasi dalam bidang pengiriman barang dan sepeda motor. Cakwar888 menghadapi kendala kurang efektifnya kegiatan operasional dan komunikasi dengan para pelanggan. Saat ini kegiatan operasional dan komunikasi dengan pelanggan dilakukan melalui Instagram dan WhatsApp. Pelanggan harus menunggu balasan untuk mendapatkan informasi dan layanan. Hal tersebut menyebabkan pelayanan yang diberikan kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk merancang user experience aplikasi jasa pengiriman kendaraan bermotor. Aplikasi mobile berpotensi untuk memecahkan masalah komunikasi dengan pelanggan, mendukung kegiatan operasional, meningkatkan brand identity, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Untuk mendapatkan rancangan aplikasi yang memenuhi kebutuhan pengguna, maka digunakan metode pendekatan user centered design (UCD) yang melibatkan pengguna dalam proses perancangan. Tahap pengujian dan evaluasi dilakukan menggunakan usability testing dan user experience questionnaire. Pengujian usability dilakukan kepada 6 responden. Pengujian usability pada aspek effectiveness mendapatkan nilai 96.43%, aspek efficiency mendapatkan nilai 0.085 goals/sec, aspek satisfaction mendapatkan nilai 88.75, termasuk dalam grade A+, adjective best imaginable, dan kategori acceptable. Pengujian user experience dilakukan kepada 20 responden. Hasil pengujian user experience pada aspek attractiveness mendapatkan nilai 2.20, aspek perspicuity mendapatkan nilai 2.21, aspek efficiency mendapatkan nilai 2.34, aspek dependability mendapatkan nilai 2.11, aspek stimulation mendapatkan nilai 2.40, dan aspek novelty mendapatkan nilai 2.18.