Evaluasi Usability Situs Web Sistem Informasi Aplikasi Pelayanan Elektronik (SIAPEL) Malang Kota menggunakan Metode Cognitive Walkthrough
Kata Kunci:
evaluasi, usability, cognitive walkthrough, SIAPEL Malang KotaAbstrak
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Malang memiliki tanggung jawab dalam pengelolaan administrasi kependudukan masyarakat Kota Malang. Pengelolaan ini didukung oleh sistem informasi yang mampu melayani kegiatan administrasi kependudukan melalui website Sistem Informasi Aplikasi Pelayanan Elektronik (SIAPEL) Malang Kota. Berdasarkan wawancara dengan Dukcapil Kota Malang, website SIAPEL Malang Kota baru digunakan oleh sebagian kecil masyarakat Kota Malang dan aspek usability-nya belum pernah dievaluasi. Maka dari itu perlu dilakukan evaluasi untuk melihat tingkat usability dan kualitas layanan yang disediakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat tingkat usability pada website SIAPEL Malang Kota dan memberikan rekomendasi perbaikan desain dari masalah usability yang ditemukan. Evaluasi dengan metode Cognitive Walkthrough (CW) melibatkan enam evaluator. Setiap evaluator mengerjakan 11 skenario tugas, lalu menjawab empat pertanyaan thought provoking questions (TPQ). Hasil evaluasi menemukan 25 masalah usability, kemudian dianalisis sehingga menjadi 21 masalah usability unik. Masalah usability terbanyak ditemukan oleh evaluator 5 sejumlah delapan masalah, paling banyak ditemukan pada skenario tugas 8 sejumlah tujuh masalah, dan paling banyak berkaitan dengan pertanyaan TPQ2 sejumlah 13 masalah. Masalah usability didiskusikan untuk mendapatkan saran perbaikan. Saran ini menjadi sumber utama dalam penyusunan rekomendasi perbaikan. Pembuatan desain perbaikan mengacu kepada panduan HHS Guidelines. Perbaikan desain pada situs web SIAPEL Malang Kota menghasilkan perbaikan desain pada 11 halaman dengan total 16 desain.