Implementasi Finite State Machine pada Sistem Notifikasi Pesanan Food Court
Kata Kunci:
antre, finite state machine, food court, LCD 1602, nodeAbstrak
Food Court adalah salah satu tempat favorit masyarakat untuk mencari makanan, minuman, dan jajanan. Tetapi masalah antrean yang panjang dalam menunggu pesanan jadi dapat membawa masalah seperti penularan penyakit COVID-19 dan kemungkinan menurunnya jumlah pelanggan karena tidak jadi antre. Masalah antrean ini sudah diatasi oleh sistem yang sudah ada, Restaurant Ordering Pager System, tetapi sistem ini memiliki kelemahan, yaitu tidak ada kejelasan status pesanan. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah sistem dan alat baru yang memiliki fitur tampilan LCD 1602 untuk menampilkan pesan dari status pemesanan, dan juga fitur mengubah isi pesan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dalam sistem ini akan digunakan Finite State Machine sebagai metode cara kerja dari sistem untuk mencapai tujuan sistem, sehingga untuk melakukan fungsinya, setiap node dalam sistem perlu berpindah antar state sesuai dengan state fungsi tujuannya. Sistem yang didapat dari penelitian ini terbagi menjadi 2 alat, yaitu node restoran dan node pelanggan, dengan node restoran memiliki 4 buah state yaitu state default, state mode programming, state membaca masukan pengguna, dan state mengirim data. Dilain sisi, node restoran juga bekerja dengan 4 buah state, yaitu state default, state blinking LCD, state blinking LCD dengan beep buzzer, dan state delay selama 1 menit. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah keberhasilan pengiriman data sebesar 90% dari pengujian 4 buah state yang digunakan, dengan 2 buah node pelanggan, 1 buah node restoran, dan pengujian yang diulang sebanyak 16 kali.