Perancangan User Experience Website Marketplace dan Pemetaan Hasil Pertanian menggunakan Metode Five Planes

Perancangan User Experience Website Marketplace dan Pemetaan Hasil Pertanian menggunakan Metode Five Planes

Penulis

  • Mahatva Zenggi Maggenta Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Riswan Septriayadi Sianturi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Agi Putra Kharisma Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

pemasaran, pemetaan, edukasi, user experience, usability testing, user experience questionnaire, website, five planes, prototype

Abstrak

Petani seringkali mengalami kesulitan dalam memasarkan hasil pertaniannya. Disamping pasar yang kecil, permainan tengkulak menjadi musuh terbesar bagi para petani. Sehingga dalam aktivitas jual beli, petani menerima hasil penjualan jauh dari keuntungan yang sebenarnya. Solusi dari permasalahan tersebut, peneliti memberikan sebuah solusi yang ditawarkan yaitu sebuah platform website Mepisar.id. Melalui website tersebut nantinya dapat memuat informasi-informasi mengenai edukasi dan pantauan harga, pemetaan hasil komoditi pada suatu wilayah. Metode five planes metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini. Tujuannya dapat menciptakan rancangan aplikasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Evaluasi yang dilakukan mendapatkan nilai usability yang baik. Nilai usability yang didapat diantaranya aspek efektivitas dari sisi pengguna mendapatkan nilai sebesar 88%, dan dari sisi penjual mendapatkan nilai sebesar 89%. Kemudian Aspek efisiensi dari sisi pengguna mendapatkan nilai sebesar 0,105 goals/sec, dan dari sisi penjual mendapatkan nilai sebesar 0,094 goals/sec. Untuk aspek kepuasan dengan menggunakan system usability scale (SUS) dari sisi pengguna mendapatkan nilai 91,5 dan sisi penjual mendapatkan nilai sebesar 85 dengan grade A, adjective excellent, acceptable, dan promoter. Hasil UEQ pada aspek attractiveness mendapat nilai 2,85. Aspek perspicuity mendapat nilai 2,88. Aspek efficiency mendapat nilai 2,85. Aspek Dependability mendapat nilai 2,90. Aspek stimulation mendapat nilai 2,83 dan aspek novelty mendapat nilai 2,58 yang dikonversikan ke dalam skala benchmark masuk ke dalam kategori excellent.

Unduhan

Diterbitkan

16 Agu 2022

Cara Mengutip

Maggenta, M. Z., Sianturi, R. S., & Kharisma, A. P. (2022). Perancangan User Experience Website Marketplace dan Pemetaan Hasil Pertanian menggunakan Metode Five Planes. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(7), 3333–3342. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11349

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...