Perancangan User Experience Aplikasi Portal Beasiswa Mahasiswa berbasis Mobile menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Beasiswa di Universitas Brawijaya)
Kata Kunci:
beasiswa, mahasiswa, user experience, design thinking, usability testing, user experience questionnaireAbstrak
Pendidikan merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap manusia dan berperan penting dalam peningkatan potensi kualitas sumber daya manusia. Pada kenyataannya, banyak warga negara tidak dapat mengenyam Pendidikan, khususnya Pendidikan tinggi. Salah satu hal yang melatarbelakangi permasalahan tersebut adalah ketidakmampuan seseorang untuk membiayai Pendidikan, karena besaran biaya yang perlu ditanggung selama menempuh Pendidikan tidaklah sedikit, sehingga isu putus kuliah menjadi isu penting di Indonesia. Beasiswa dapat menjadi solusi dari permasalahan biaya pendidikan. Mahasiswa yang memiliki keterbatasan dapat memanfaatkan fasilitas tersebut untuk membantu keberlanjutan proses studinya. Tetapi ketika melakukan pencarian informasi beasiswa, terdapat permasalahan yang dirasakan oleh mahasiswa, yaitu kebingungan dan membutuhkan waktu cukup lama untuk memperoleh informasi beasiswa. Saat ini, informasi beasiswa di Universitas Brawijaya ditampilkan pada halaman website khusus berupa artikel informasi serta sosial media Lembaga Kemahasiswaan yang kurang efektif dan efisien. Berdasarkan permasalahan tersebut, pada penelitian ini dilakukan perancangan user experience aplikasi portal beasiswa mahasiswa berbasis mobile menggunakan design thinking sebagai metode pendekatan dalam pemecahan masalah yang berfokus dan kolaboratif dengan calon pengguna. Hasil akhir dari penelitian ini berupa rancangan desain solusi high-fidelity prototype. Rancangan desain solusi tersebut dievaluasi menggunakan usability testing yang melibatkan sepuluh responden dan User Experience Questionnaire (UEQ) yang melibatkan dua puluh responden. Pada usability testing diperoleh nilai hasil pengujian aspek efektivitas sebesar 90,71%, aspek efisiensi menggunakan perhitungan time-based effieciency sebesar 0,122 goals/sec, dan aspek kepuasan menggunakan System Usability Scale (SUS) dengan nilai rata-rata SUS sebesar 89,25. Pada UEQ diperoleh hasil nilai rata-rata skala attractiveness sebesar 2,37 (excellent), skala perspicuity sebesar 2,50 (excellent), skala efficiency sebesar 2,38 (excellent), skala dependability sebesar 2,28 (excellent), skala stimulation sebesar 2,38 (excellent), dan skala novelty sebesar 1,58 (good).