Perancangan User Experience Aplikasi Pusat Kebugaran dengan Pendekatan Human-Centered Design (Studi Kasus Kota Malang)

Perancangan User Experience Aplikasi Pusat Kebugaran dengan Pendekatan Human-Centered Design (Studi Kasus Kota Malang)

Penulis

  • Muhammad Fachri Pratama Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Riswan Septriayadi Sianturi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Agi Putra Kharisma Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Pusat Kebugaran, Human Centered Design, Usability Testing, System Usability Scale, User Experience Questionnaire.

Abstrak

Informasi pusat kebugaran saat ini sulit untuk diketahui karena banyak calon pengguna yang harus melakukan survei secara langsung mengenai informasi pusat kebugaran. Hasil wawancara dengan salah satu narasumber yaitu Informasi yang dicantumkan belum sesuai dengan keinginan pengguna seperti biaya berolahraga, kontak, dan cara menjadi member dari pusat kebugaran. Perancangan dilakukan dengan menggunakan metode Human Centered Design, yang memiliki tujuan membuat sistem yang berguna untuk memenuhi kebutuhan pengguna, efektivitas, efisiensi dan kepuasan dari pengguna. Pengujian dilakukan menggunakan Usability Testing dan UEQ. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memudahkan calon pengguna mengetahui informasi secara mendetail dari pusat kebugaran. Hasil dari Usability Testing yang digunakan mendapatkan hasil, Efektivitas sebanyak 97% untuk pengguna dan 100% untuk pengelola, efisiensi sebanyak 0.176 goals/sec untuk pengguna dan 0.106 goals/sec untuk pengelola. Hasil perhitungan aspek kepuasan menggunakan SUS mendapatkan nilai rata-rata 77.59 termasuk kategori good untuk pengguna dan 70 termasuk kategori ok untuk pengelola. Perhitungan UEQ mendapatkan hasil benchmark untuk pengguna yaitu Attractiveness (2.04 Excellent), Perspicuity (2.01 Excellent), Efficiency (1.91 Excellent), Dependability (1.88 Excellent), Stimulation (1.88 Excellent), dan Novelty (1.60 Good). Selain itu, untuk hasil pengelola yaitu Attractiveness (2.28 Excellent), Perspicuity (2.00 Good), Efficiency (2.17 Excellent), Dependability (2.25 Excellent), Stimulation (2.25 Excellent), dan Novelty (1.33 Good).

Unduhan

Diterbitkan

18 Agu 2022

Cara Mengutip

Pratama, M. F., Sianturi, R. S., & Kharisma, A. P. (2022). Perancangan User Experience Aplikasi Pusat Kebugaran dengan Pendekatan Human-Centered Design (Studi Kasus Kota Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(7), 3395–3404. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11361

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...