Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Secara Daring pada Mata Pelajaran Teknologi Layanan Jaringan di SMK PGRI 1 Kota Pasuruan

Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Secara Daring pada Mata Pelajaran Teknologi Layanan Jaringan di SMK PGRI 1 Kota Pasuruan

Penulis

  • Mukhamad Naufal Ar-Rozaq Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Admaja Dwi Herlambang Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Satrio Hadi Wijoyo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

gaya belajar, motivasi belajar, hasil belajar, dalam jaringan, teknologi layanan jaringan

Abstrak

Penelitian dilaksanakan di SMK PGRI 1 Kota Pasuruan dengan jumlah responden 21 siswa kelas XI TKJ dan 19 siswa kelas XII TKJ. Tujuan penelitian Mengetahui hipotesis hubungan antara gaya belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Teknologi Layanan Jaringan siswa kelas XI dan XII TKJ SMK PGRI 1 Kota Pasuruan pada masa pembelajaran dalam jaringan (daring) di masa Covid 19 dengan menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian secara parsial terbagi dari 2 variabel independen yaitu hasil analisis hubungan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa dan hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian secara simultan terdiri dari hasil analisis hubungan gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis hubungan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa menyatakan bahwa ada hubungan signifikan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa Hasil analisis hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa menyatakan bahwa tidak ada hubungan signifikan motivasi belajar belajar terhadap hasil belajar siswa Hasil penelitian secara simultan gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar menghasilkan hasil analisis yang menyatakan bahwa ada hubungan signifikan gaya belajar dan hasil belajar terhadap hasil belajar siswa.

Unduhan

Diterbitkan

18 Agu 2022

Cara Mengutip

Ar-Rozaq, M. N., Herlambang, A. D., & Wijoyo, S. H. (2022). Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Secara Daring pada Mata Pelajaran Teknologi Layanan Jaringan di SMK PGRI 1 Kota Pasuruan. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(7), 3462–3470. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11373

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...