Perancangan User experience Aplikasi Mobile Fitur Asuransi Jago Last Wish menggunakan Pendekatan Design Thinking (Studi Kasus Magang di PT. Impact Byte Teknologi Edukasi Challenge Partner Bank Jago)
Kata Kunci:
asuransi jiwa, wasiat, design thinking, usability, user experience questionnaire.Abstrak
Asuransi jiwa adalah sebuah layanan yang dapat memberikan manfaat perlindungan berupa finansial atas terjadinya resiko kematian atau terkena penyakit. Saat ini Jago menginginkan fitur untuk mendukung gaya hidup pengguna, bukan sekedar menjual produk keuangan. mengingat tidak semua orang telah melakukan perencanaan untuk masa depan karena mau lebih optimis dan tidak terlalu berpikiran negatif karena masa depan menjadi menakutkan. Menindaklanjuti dari permasalahan yang ada, dirancang sebuah aplikasi mobile asuransi jiwa Jago Last Wish yang memberikan pandangan positif serta menyenangkan. Perancangan ini melibatkan stakeholder Bank Jago. Digunakan pendekatan Design Thinking Untuk menciptakan pengalaman pengguna yang baik karena berpusat pada pengguna, mampu menghasilkan inovasi baru, dan lebih fokus pada pemahaman kebutuhan pengguna. Kemudian dilakukan pengujian usability dan user experience kepada 10 responden untuk melakukan evaluasi desain solusi. Didapatkan 3 hasil usability testing, efektivitas 97,33%, efisiensi 0,082 gol/detik, dan kepuasan pengguna 82,25 dengan adjective ratings good. Kemudian mendapatkan hasil pengujian user experience dengan menggunakan user experience questions (UEQ), skala daya tarik 2,43 adalah sangat baik, skala kejelasan 1,95 adalah baik, skala efisiensi 2,45 adalah sangat baik, skala ketepatan sebesar 2,23 adalah sangat baik, skala stimulus 2,25 adalah sangat baik dan skala kebaruan 2,43 adalah sangat baik.