Pengembangan Aplikasi Monitoring dan Pengelolaan E-Commerce Admin Isitaman berbasis Web menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus: PT Java Indo Arjuna)

Pengembangan Aplikasi Monitoring dan Pengelolaan E-Commerce Admin Isitaman berbasis Web menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus: PT Java Indo Arjuna)

Penulis

  • Naufal Widhi Ashshiddiqi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Welly Purnomo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

E-Commerce, Monitoring, Pengelolaan, Laravel, PHP, Agile, Scrum, Black Box

Abstrak

E-Commerce merupakan proses jual beli barang kepada konsumen yang dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien, serta tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Didukung dengan adanya pandemi covid-19, transaksi online atau e-commerce meningkat pesat dibandingkan tahun sebelumnya, yang berdampak pada PT. Java Indo Arjuna, perusahaan bergerak di bidang budidaya tanaman, melakukan penjualan secara manual, mulai dari manajemen produk hingga transaksi, sehingga diperlukan platform yang dapat menangani permasalahan manajemen tersebut. Hal ini melatarbelakangi dikembangkannya sistem monitoring dan manajemen admin e-commerce bernama isitaman dengan metode model agile scrum karena kebutuhan sistem belum diketahui pasti. Dari metode Agile Scrum dihasilkan 13 use case sebagai dasar kebutuhan, 8 fitur utama, 4 fitur admin utama, 17 product backlog, dan 20 sprint backlog. Dari 20 sprint backlogs, dihasilkan 4 iterasi sprint yang mengimplementasikan sequence diagram, activity diagram, user interface, api, source code, black box testing dan sprint review serta retrospektif. Dari pengujian blackbox didapatkan hasil 100% valid.

Unduhan

Diterbitkan

22 Agu 2022

Cara Mengutip

Ashshiddiqi, N. W., Putra, W. H. N., & Purnomo, W. (2022). Pengembangan Aplikasi Monitoring dan Pengelolaan E-Commerce Admin Isitaman berbasis Web menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus: PT Java Indo Arjuna). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(8), 3578–3586. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11392

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...