Pengembangan Aplikasi Mobile Manajemen Indekos berbasis Android dengan Metode Human-Centered Design (Studi Kasus: Kos Bu Parjo)

Pengembangan Aplikasi Mobile Manajemen Indekos berbasis Android dengan Metode Human-Centered Design (Studi Kasus: Kos Bu Parjo)

Penulis

  • Adji Pangestu Wicaksono Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Agi Putra Kharisma Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Riswan Septriayadi Sianturi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Human-Centered Design, Flutter, Android, Firebase, manajemen indekos, System Usability Scale

Abstrak

Banyak pegawai kantor yang tinggal di kelurahan Cikoko, Pancoran, tinggal di kamar indekos. Kos Bu Parjo adalah salah satu yang menyediakan kamar indekos. Kos Bu Parjo masih melakukan pembukuan tanpa rekam cadang digital. Hasil pembukuan tidak dapat diakses ketika buku catatan tidak berada dalam jangkauan fisik, hilang, terkena air, atau jika terjadi bencana alam. Untuk memecahkan masalah tersebut, dikembangkan aplikasi Android menggunakan framework Flutter dan Firebase dengan metode Human-Centered Design (HCD). Fitur utama pada aplikasi tersebut adalah manajemen penghuni, catatan keuangan, manajemen gedung, manajemen kamar, manajemen akun pengelola, dan backup dan restore. Aplikasi mengalami pengujian validasi dengan black box, pengujian usability dengan system usability scale, pengujian compatibility, dan pengujian availability. Pengujian validasi menyatakan aplikasi berhasil memenuhi semua 51 kebutuhan fungsional yang ditentukan, pengujian usability dari 5 subjek penelitian menyatakan aplikasi bersifat acceptable dengan nilai keseluruhan 77,75, pengujian compatibility menyatakan aplikasi berhasil memenuhi syarat versi Android yang digunakan, dan pengujian availability menyatakan fitur pencatatan pada aplikasi berhasil digunakan dalam kondisi offline.

Biografi Penulis

Adji Pangestu Wicaksono, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

 

Agi Putra Kharisma, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

 

Riswan Septriayadi Sianturi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

 

Unduhan

Diterbitkan

24 Agu 2022

Cara Mengutip

Wicaksono, A. P., Kharisma, A. P., & Sianturi, R. S. (2022). Pengembangan Aplikasi Mobile Manajemen Indekos berbasis Android dengan Metode Human-Centered Design (Studi Kasus: Kos Bu Parjo). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(8), 3596–3605. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11398

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...