Pengembangan Aplikasi E-Commerce Anggrek berbasis Android menggunakan Clean Architecture (Studi Kasus: PT. Java Indo Arjuna)

Pengembangan Aplikasi E-Commerce Anggrek berbasis Android menggunakan Clean Architecture (Studi Kasus: PT. Java Indo Arjuna)

Penulis

  • Aransa Fitra Prawira Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Welly Purnomo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

e-commerce, scrum, clean architecture, blackbox, usabilitas, system usability scale

Abstrak

E-Commerce merupakan penerapan teknologi yang sering dipakai dan sedang berkembang pesat hingga saat ini, hal ini disebabkan karena memudahkan proses kegiatan jual beli barang antara penjual dan pembeli dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Didukung dengan menyebarnya virus COVID-19, masyarakat dipaksa untuk mematuhi peraturan pemerintah yaitu penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sehingga kegiatan jual beli barang secara luring sulit dilaksanakan. PT Java Indo Arjuna (JAVINA) merupakan perusahaan jual beli tanaman Anggrek dan perlengkapannya yang juga terdampak akibat COVID-19. Mulanya Javina melakukan kegiatan jual beli dengan konsumen memanfaatkan media sosial WhatsApp. Karena meningkatnya jumlah pelanggan selama pandemi, pelayanan yang dilakukan melalui WhatsApp tidak tertangani dengan baik, Javina perlu membalas satu persatu, mulai dari info terkait produk sampai melakukan konfirmasi pembayaran. Penelitian ini dilakukan untuk membangun Aplikasi E-Commerce Anggrek berbasis android menggunakan Clean Architecture. Aplikasi dikembangan pada platform android. Aplikasi IsiTaman dibangun dengan menggunakan metode Scrum. Metode ini dipilih karena kebutuhan yang dimiliki diawal masih sedikit, dapat bertambah atau berubah selama pengembangan. Pengujian pada IsiTaman dilakukan dengan pengujian Blackbox dan usabilitas. Pengujian Blackbox menghasilkan tingkat keberhasilan sistem 100%. Pada pengujian usabilitas, Aplikasi memiliki nilai System Usability Scale (SUS) senilai 81,4. Nilai tersebut membuat Aplikasi ini tergolong kategori acceptable atau dapat diterima.

Unduhan

Diterbitkan

24 Agu 2022

Cara Mengutip

Prawira, A. F., Putra, W. H. N., & Purnomo, W. (2022). Pengembangan Aplikasi E-Commerce Anggrek berbasis Android menggunakan Clean Architecture (Studi Kasus: PT. Java Indo Arjuna). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(8), 3606–3612. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11400

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...