Evaluasi Proses Bisnis Bagian Pemasaran dengan Metode Business Process Improvement (BPI) (Studi pada PT. Kencana Tiara Gemilang)
Kata Kunci:
Business Process Improvement, BPI, Proses Bisnis, analisis Proses Bisnis, Failure Mode and Effect Analysis, FMEAAbstrak
PT. Kencana Tiara Gemilang adalah sebuah perusahaan manufaktur lembaran plastik yang berdiri sejak awal tahun 2014. Dikelola oleh tenaga profesional yang mempunyai pengalaman puluhan tahun di bidang plastik. Penulis menemukan bahwa ada beberapa proses yang tidak dilakukan sesuai dengan semestinya sehingga proses bisnis menjadi terhambat atau kurang efektif. Indikasi tersebut terdapat pada proses bisnis pemasaran yaitu adanya aktivitas yang masih manual sehingga akan dilakukan perbaikan dan terdapat aktivitas yang tidak diperlukan. Penelitian ini menggunakan diagram Business Process Model Natation (BPMN). Dari sini kemudian proses bisnis dianalisis menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan untuk melakukan perbaikan proses bisnis menggunakan Business Process Improvement (BPI). Kemudian hasil dari proses bisnis saat ini (as-is) dan hasil proses bisnis rekomendasi (to-be) ditemukan pada proses bisnis pemasaran selisi rata-rata waktu antara proses bisnis saat ini dan rekomendasi adalah 37,25%, 49,18% pada sub proses bisnis strategi plan dan 74,27% pada sub proses bisnis marketing plan.