Perancangan User Experience Aplikasi Marketplace Wholesale "Supply" dengan Menggunakan Metode Human-Centered Design
Kata Kunci:
User Experience, Human-Centered Design, Usability Testing, User Experience QuestionnaireAbstrak
Teknologi telah membawa kebiasaan masyarakat menjadi serba digital, terutama pada bidang ekonomi. Covid-19 semakin memberikan dampak terhadap perilaku ekonomi sehingga membuat masyarakat berangsur-angsur mengubah pola konsumsi menjadi online. Para pelaku usaha pun harus mengubah model pemasaran beralih menjadi online. Dalam proses pemasaran produk, pastinya dibutuhkan pemasok barang sebagai supplier untuk membantu mendapatkan produk yang memiliki nilai dengan harga yang terjangkau. Dalam penelitian ini membuat perancangan user experience desain aplikasi marketplace perkulakan untuk membantu pelaku usaha mendapatkan supplier sehingga mendapatkan produk dengan mudah melalui aplikasi. Metode pengembangan menggunakan metode Human Centered Design (HCD) sehingga dapat memberikan hasil dari analisis konteks pengguna dan kebutuhan pengguna, hasil rancangan desain solusi serta hasil evaluasi desain. Pada evaluasi desain solusi menggunakan usability testing dan pengisian kuesioner User Experience Questionnaire (UEQ) terhadap 10 responden. Evaluasi yang dilakukan menghasilkan nilai usability dengan nilai efektivitas 84,5%, nilai efisiensi 0,058 goals/detik, dan nilai kepuasan pengguna 84,5 dengan predikat grade A+ dan peringkat Best Imaginable. Hasil benchmark dari pengalaman pengguna untuk desain aplikasi perkulakan memiliki nilai excellent untuk aspek daya tarik, kejelasan, ketepatan, dan stimulasi dan nilai good untuk aspek efisiensi dan kebaruan.