Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Pemesanan Vendor Acara Pernikahan berbasis Mobile menggunakan Metode Human Centered Design

Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Pemesanan Vendor Acara Pernikahan berbasis Mobile menggunakan Metode Human Centered Design

Penulis

  • Naufal Hilmy Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Riswan Septriayadi Sianturi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Agi Putra Kharisma Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Angka Pernikahan, Vendor, User Experience, Human Centered Design, Usability Testing

Abstrak

Banyaknya pernikahan di Indonesia, menyebabkan orang yang akan melangsungkan acara pernikahan sulit untuk menemukan vendor pilihanya.seperti yang yang dicatat oleh laporan statistik Indonesia mencatat ada 1,74 juta pernikahan sepanjang 2021. Akan tetapi kebanyakan orang memesan vendor acara pernikahan masih manual, seperti mencari lewat Instagram maupun bertanya kepada orang lain untuk mendapatkan informasi mengenai vendor pernikahan. Penelitian ini bertujuan melakukan perancangan pengalaman pengguna apikasi pemesanan vendor acara Pernikahan untuk membantu menjembatani antara konsumen yang akan menikah dengan vendor acara pernikahan. Metode yang digunakan untuk merancang pengalaman pengguna pada penelitian ini yaitu menggunakan Human-CenteredDesign. Dengan metode ini peneliti dapat mengutamakan kebutuhan pengguna dengan cara dilakukan beberapa tahap, yaitu studi literatur, analisis konteks pengguna, analisis kebutuhan pengguna, perancangan desain solusi, dan evaluasi desain solusi. Hasil akhir dari penelitian ini yaitu wireframe, mockup, dan prototype yang selanjutnya dilakukan pengujian menggunakan usability testing terhadap 5 responden dari sisi vendor dan 5 responden dari sisi konsumen. Hasil pengujian terhadap sisi konsumen meliputi nilai efektivitas 100%, nilai efisiensi 0,104 goal/detik, dan nilai kepuasan 80 pada skala Good dan B-level. Sedangkan dari sisi pengguna pemasok nilai efektivitas sebesar 97,14%, nilai efisiensi sebesar 0,071 goal/detik, dan nilai kepuasan sebesar 82,5 yang merupakan kategori sangat baik dan skala B-level.

Unduhan

Diterbitkan

24 Agu 2022

Cara Mengutip

Hilmy, N., Sianturi, R. S., & Kharisma, A. P. (2022). Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Pemesanan Vendor Acara Pernikahan berbasis Mobile menggunakan Metode Human Centered Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(8), 3659–3667. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11410

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...