Perancangan User Experience Aplikasi Pencarian Jasa Tutor Bimbingan Belajar menggunakan Metode Human-Centered Design
Kata Kunci:
tutor bimbel, user experience, human centered-design, usability testing, system usability scaleAbstrak
Bimbingan belajar atau bimbel merupakan salah satu bentuk pendampingan siswa di luar sekolah oleh seorang tutor. Tujuan bimbel yaitu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Latar belakang pendidikan dan kesibukan orang tua biasanya menjadi alasan orang tua siswa membutuhkan tutor untuk anak mereka belajar di luar sekolah. Keterbatasan tutor menyebarkan informasi mengenai jasanya menjadi penyebab sulitnya orang tua mendapatkan tutor untuk anaknya sehingga siswa lama dalam mengatasi kesulitannya dalam belajar. Informasi bimbel biasanya diberikan melalui mulut ke mulut. Informasi yang diberikan melalui mulut ke mulut yang dilakukan tidak efektif karena terkadang informasi yang disampaikan tidak akurat. Dari permasalahan tersebut diperlukan sebuah solusi untuk membantu menghubungkan antara orang tua dan tutor. Pada penelitian yang dilakukan bertujuan untuk membuat rancangan aplikasi pencarian jasa tutor bimbel untuk menghubungkan orang tua dan tutor. Perancangan user experience diperlukan dalam penelitian ini agar aplikasi yang dibuat sesuai dengan kebutuhan pengguna. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode Human-Centered Design. Evaluasi yang dilakukan menggunakan Usability Testing dan System Usability Scale (SUS) sebagai alat uji kepuasan pengguna. Hasil evaluasi usability testing mendapatkan success rate sebesar 100% dan error rate 0% serta mendapatkan nilai efficiency 0,145 goals/sec dan 0,091 goals/sec. evaluasi menggunakan SUS mendapatkan nilai 78 yang artinya masuk ke dalam grade B+.