Pengaruh Atensi Pendidik dalam Penguasaan TI dari IPTEK Pendidik dan Lingkungan Sekolah terhadap Kompetensi Profesional selama Pandemi di SMKN 11 Malang

Pengaruh Atensi Pendidik dalam Penguasaan TI dari IPTEK Pendidik dan Lingkungan Sekolah terhadap Kompetensi Profesional selama Pandemi di SMKN 11 Malang

Penulis

  • Dimas Ferry Kurniawan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Satrio Hadi Wijoyo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Aditya Rachmadi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Pandemi, Regresi linier, Penguasaan TI

Abstrak

Pandemi Covid-19 yang menyebabkan pengaruh dalam pendidikan di indonesia. Pendidik dalam memenuhi kewajiban dimasa pandemi harus memberikan ilmu pada peserta didik secara daring. Perkembangan teknologi semakin maju terutama di bidang pendidikan. Selama pandemi pendidik mampu dalam memberikan pembelajaran secara daring, untuk kemampuan profesional mengenai teknologi informasi sangat dibutuhkan. Dalam meningkatkan kompetensi profesional pendidik harus mengikuti workshop ataupun seminar. Penelitian in bertujuan untuk mengetahui atensi pendidik dalam penguasaan TI selama pandemi Covid-19. Penelitian kombinasi merupakan campuran dari kedua metode yaitu kuantitatif dan kualitatif. Untuk subjek penelitian yang digunakan yaitu semua pendidik di SMKN 11 Malang dengan jumlah populasi dan sampel 86 responden dengan menggunakan kuesioner dan wawancara sebagai alat pengumpulan data. Hasil Uji t untuk variabel IPTEK berpengaruh terhadap kompetensi profesional, variabel lingkungan sekolah berpengaruh terhadap kompetensi profesional pendidik. Kemudian untuk uji F variabel IPTEK dan lingkungan sekolah berpengaruh secara simultan terhadap kompetensi profesional. Nilai R square untuk variabel IPTEK pendidik berpengaruh sebanyak 25,1% terhadap kompetensi profesional, kemudian untuk variabel lingkungan sekolah berpengaruh sebesar 41,1% terhadap kompetensi profesional. Adapun jika kedua variabel tersebut yaitu variabel IPTEK dan lingkungan sekolah pengaruh secara simultan sebanyak 45,2%. Kemudian selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. Untuk hasil dari angket juga didukung dengan wawancara kepada 8 orang pendidik yang mengatakan penguasaan TI dapat kelihatan dari variabel IPTEK dan lingkungan sekolah berpengaruh terhadap kompetensi profesional. Oleh krena itu, hasil dari wawancara diperkuat dari hasil angket dan diperluas dengan memberikan faktor lain yang berimbas pada penguasaan TI pendidik di SMKN 11 Malang.

Unduhan

Diterbitkan

24 Agu 2022

Cara Mengutip

Kurniawan, D. F., Wijoyo, S. H., & Rachmadi, A. (2022). Pengaruh Atensi Pendidik dalam Penguasaan TI dari IPTEK Pendidik dan Lingkungan Sekolah terhadap Kompetensi Profesional selama Pandemi di SMKN 11 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(8), 3701–3707. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11425

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...