Analisis Pengaruh Kualitas Situs Web Kampus Merdeka terhadap Kepuasan Pengguna dengan Metode WebQual 4.0 (Studi Kasus: Mahasiswa SVI)

Analisis Pengaruh Kualitas Situs Web Kampus Merdeka terhadap Kepuasan Pengguna dengan Metode WebQual 4.0 (Studi Kasus: Mahasiswa SVI)

Penulis

  • Rona Nisrina Rahmawati Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Intan Sartika Eris Maghfiroh Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Retno Indah Rokhmawati Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

MBKM, WebQual 4.0, Kualitas Situs Web, Kepuasan Pengguna, Regresi Linier Berganda.

Abstrak

Pasca pandemi COVID-19, pemerintah terus mencermati rencana belajar yang salah satunya diterapkan di perguruan tinggi yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Guna mendukung pelaksanaan kegiatan, pemerintah berinisiatif membuat situs web resmi Kampus Merdeka (KM). Dalam pengembangannya, kualitas situs web menjadi bagian penting yang perlu diperhatikan. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan umpan balik dari mahasiswa khususnya program magang di Skilvul Virtual Internship. Pemilihan metode WebQual 4.0 berkaitan dengan pengukuran pengaruh kualitas situs dengan tiga variabel bebas yakni kualitas kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas interaksi layanan yang menghubungkan dengan variabel kepuasan pengguna. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner online yang memuat sebanyak 20 item pernyataan dari seluruh variabel yang digunakan. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling mendapat sejumlah 106 responden dengan jawaban valid. Analisis data dengan regresi linier berganda menggunakan program SPSS 26 menghasilkan penelitian yang menunjukkan ketiga variabel WebQual 4.0 secara simultan mempengaruhi 80,1% variabel kepuasan pengguna, sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor selain yang ada pada penelitian. Sementara itu, hasil pengujian secara parsial menunjukkan variabel kualitas kegunaan tidak berpengaruh signifikan dibanding dengan dua variabel lainnya yaitu variabel kualitas informasi dan variabel kualitas interaksi layanan yang memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap variabel kepuasan pengguna pada website KM.

Unduhan

Diterbitkan

24 Agu 2022

Cara Mengutip

Rahmawati, R. N., Maghfiroh, I. S. E., & Rokhmawati, R. I. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Situs Web Kampus Merdeka terhadap Kepuasan Pengguna dengan Metode WebQual 4.0 (Studi Kasus: Mahasiswa SVI). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(8), 3716–3725. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11430

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...