Pengembangan Sistem Nota Dinas Elektronik dengan Tanda Tangan Elektronik Studi Kasus PT Andal Rancang Multi Solusi (Arm Solusi)

Pengembangan Sistem Nota Dinas Elektronik dengan Tanda Tangan Elektronik Studi Kasus PT Andal Rancang Multi Solusi (Arm Solusi)

Penulis

  • Kukuh Fajar Ribawanto Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Djoko Pramono Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

angular, django, waterfall, nota dinas elektronik, tanda tangan elektronik, compatibility testing

Abstrak

PT Andal Rancang Multi Solusi (ARM Solusi) merupakan perusahaan yang bergerak dibidang teknologi sedang berupaya dalam peningkatan produk layanannya yaitu Coofis NDE (Collaboration Office Nota Dinas Elektronik). Coofis NDE memiliki fitur untuk membuat dan mengirim surat, menerima surat masuk, dan disposisi. Terdapat hal kurang efisien dalam pembuatan surat dimana harus melakukan aksi simpan sebelum surat dapat dilihat hasilnya. Hal itu dapat menyebabkan terjadinya perulangan dalam pembenahan surat apabila hasilnya tidak sesuai. Sistem juga tidak memiliki fitur tanda tangan elektronik sehingga kurang lengkap dalam percepatan proses validitas surat yang dihasilkan. Dari permasalahan tersebut, penelitian ini akan berusaha untuk mengatasinya. Penelitian menggunakan metode model waterfall. Tahap perancangan menghasilkan sequence diagram, class diagram, physcal data model, dan perancangan antarmuka low-fidelity. Tahap implementasi menggunakan kerangka kerja Angular untuk front-end dan Django untuk back-end. Untuk tahap pengujian dilakukan compatibility testing dari sisi browser, pengujian validasi, dan User Acceptance Testing (UAT). Pengujian compatibility testing mendapatkan kesimpulan bahwa sistem masih belum sepenuhnya berjalan aman di berberapa browser karena terdapat masalah dukungan CSS. Hasil pengujian validasi mendapatkan nilai 100% valid dari 28 kasus uji. Dalam pengujian UAT mendapatkan hasil rata-rata 92% index penerimaan dari 5 sampel pengguna sistem yang berarti pengembangan sistem dapat diterima dengan sangat baik.

Unduhan

Diterbitkan

26 Agu 2022

Cara Mengutip

Ribawanto, K. F., & Pramono, D. (2022). Pengembangan Sistem Nota Dinas Elektronik dengan Tanda Tangan Elektronik Studi Kasus PT Andal Rancang Multi Solusi (Arm Solusi). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(8), 3751–3760. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11435

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...