Optimasi Jadwal Pembelajaran Sekolah menggunakan Metode Hybrid Cat Swarm Optimization (Studi Kasus: SD Muhammadiyah 2 Denpasar)

Optimasi Jadwal Pembelajaran Sekolah menggunakan Metode Hybrid Cat Swarm Optimization (Studi Kasus: SD Muhammadiyah 2 Denpasar)

Penulis

  • I Gede Adi Brahman Nugraha Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Nurul Hidayat Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Arief Andy Soebroto Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

cat swarm optimization, hybrid cat swarm optimization, penjadwalan

Abstrak

Jadwal pendidikan adalah kegiatan administrasi utama untuk berbagai institusi. Dalam penelitian ini, peneliti akan berkonsentrasi pada masalah penjadwalan sekolah. Penjadwalan sekolah pada SD Muhammadiyah 2 Denpasar dilakukan setiap tahun ajaran baru. Pada penelitian ini dibuat sistem yang dapat melakukan penjadwalan sekolah menggunakan metode hybrid cat swarm optimization dalam melakukan optimasi penjadwalan sekolah. Pada pengujian kinerja algoritma metode hybrid cat swarm optimization menunjukkan bahwa rata-rata nilai fitness menunjukkan hasil yang terbaik pada jumlah cat sebanyak 10, iterasi CSO sebanyak 750, dan iterasi LSRP sebanyak 500 dengan nilai fitness sebesar 104,243. Penjadwalan menggunakan sistem mampu memperoleh jadwal sekolah tanpa ada bentrokan guru.

Unduhan

Diterbitkan

26 Agu 2022

Cara Mengutip

Nugraha, I. G. A. B., Hidayat, N., & Soebroto, A. A. (2022). Optimasi Jadwal Pembelajaran Sekolah menggunakan Metode Hybrid Cat Swarm Optimization (Studi Kasus: SD Muhammadiyah 2 Denpasar). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(8), 3767–3776. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11438

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...