Evaluasi dan Perbaikan User Experience pada Situs Web Sistem Informasi Mahasiswa Online (SIMON) Universitas Warmadewa menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dan Human Centered Design (HCD)

Evaluasi dan Perbaikan User Experience pada Situs Web Sistem Informasi Mahasiswa Online (SIMON) Universitas Warmadewa menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dan Human Centered Design (HCD)

Penulis

  • Anak Agung Gede Krisna Eka Putra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Hanifah Muslimah Az-Zahra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Djoko Pramono Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

user experience, user interface, usability testing, user experience questionnaire, human-centered design

Abstrak

Sistem Informasi Mahasiswa Online (SIMON) merupakan sistem informasi akademik yang dimiliki oleh Universitas Warmadewa yang digunakan untuk mendukung proses administrasi akademik mahasiswanya. Berdasarkan hasil diskusi dengan salah satu pengelola sistem informasi Universitas Warmadewa, didapati bahwa situs web SIMON ini sendiri belum pernah dievaluasi dari sisi user experience. Adapun informasi yang didapat melalui wawancara tak terstruktur yang telah penulis lakukan kepada tujuh orang mahasiswa Universitas Warmadewa, di mana diketahui bahwa tampilan antarmuka situs web SIMON kurang konsisten, terkesan outdated dan kurang menarik. Hal tersebut tentunya tidak dikehendaki karena bisa berdampak pada pengalaman dan produktivitas mahasiswa sebagai pengguna dan tentunya, tidak sesuai dengan visi dan misi Universitas Warmadewa. Oleh karena itu dilakukan evaluasi untuk mengetahui tingkat pengalaman pengguna serta permasalahan yang terdapat pada SIMON Warmadewa dengan User Experience Questionnaire (UEQ) dan juga Usability Testing guna mengetahui tingkat pengalaman pengguna, usability serta permasalahan yang ada. Dari temuan masalah yang telah dievaluasi, dilakukan perbaikan terhadap desain SIMON Warmadewa melalui perancangan sebuah desain antarmuka yang memiliki user experience yang lebih baik menggunakan pendekatan Human Centered Design (HCD). Hasil dari desain perbaikan yang telah dirancang kemudian dievaluasi menggunakan UEQ, di mana didapati peningkatan nilai usability dan user experience yang menunjukkan nilai yang positif dan lebih baik dibanding tampilan antarmuka SIMON Warmadewa saat ini.

Unduhan

Diterbitkan

31 Agu 2022

Cara Mengutip

Putra, A. A. G. K. E., Az-Zahra, H. M., & Pramono, D. (2022). Evaluasi dan Perbaikan User Experience pada Situs Web Sistem Informasi Mahasiswa Online (SIMON) Universitas Warmadewa menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dan Human Centered Design (HCD). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(8), 3828–3837. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11447

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...