Evaluasi dan Rekomendasi Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Aplikasi Lumajang Bersahabat menggunakan Metode Usability Testing dan Pendekatan Human Centered Design (HCD)
Kata Kunci:
aplikasi Lumajang Bersahabat, e-Government, Human Centered Design, Mobile, System Usability Scale, Usability TestingAbstrak
Lumajang Bersahabat adalah aplikasi lingkup e-Government resmi Pemerintah Kabupaten Lumajang berbasis mobile application yang dapat dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat untuk memperoleh informasi tentang Lumajang secara satu pintu. Evaluasi usability pada aplikasi tersebut yang sudah dilakukan selama ini sebatas melibatkan pihak internal organisasi dengan pendekatan konvensional. Pihak pengembang memerlukan evaluasi usability dari pihak eksternal yaitu masyarakat sebagai pengguna untuk mendapatkan masukan dan bahan pengembangan aplikasi Lumajang Bersahabat kedepannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Lumajang Bersahabat yang melibatkan pengguna dengan metode usability testing dan pendekatan Human Centered Design (HCD) yang menghasilkan rekomendasi perbaikan antarmuka pengguna. Pengujian menggunakan usability testing menghasilkan nilai dari aspek efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna serta Human Centered Design (HCD) sebagai pendekatan dalam melakukan design produk yang berfokus pada pengguna. Pada evaluasi usability tahap I menghasilkan nilai efektivitas 71,2%, nilai efisiensi 65,5%, dan kepuasan pengguna dengan skor SUS 46.25. Pada proses Human Centered Design menghasilkan rancangan perbaikan antarmuka dalam bentuk prototype untuk mensolusikan 9 permasalahan usability dan tambahan 7 fitur baru sesuai kebutuhan pengguna. Pengujian usability tahap II pada prototype perbaikan antarmuka tersebut menghasilkan peningkatan nilai efektivitas menjadi 98,4%, nilai efisiensi 97,5%, dan kepuasan pengguna dengan skor SUS 84.58.