Evaluasi Usability pada Aplikasi JAKI menggunakan Pengujian Usability
Kata Kunci:
JAKI, Evaluasi, Usability, Pengujian UsabilityAbstrak
Aplikasi JAKI dirilis oleh unit pengelola Jakarta Smart City pada bulan September tahun 2019. JAKI merupakan sebuah aplikasi untuk mengakses berbagai macam informasi resmi dan juga layanan masyarakat dari Pemprov DKI Jakarta. Aplikasi JAKI mempunyai rating 3,3 dari skala 1 sampai 5 di platform iOS. Berdasarkan dari hasil observasi ulasan pengguna di App store, aplikasi mendapatkan banyak ulasan buruk dari pengguna nya. Sejauh ini belum ditemukan evaluasi usability terhadap aplikasi JAKI. Oleh karena itu diperlukan evaluasi untuk mengetahui kesesuaian kualitas aplikasi dengan harapan dan kebutuhan pengguna guna mencapai tujuan aplikasi tersebut. Evaluasi usability pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pengujian usability. Hasil evaluasi didapatkan dari data pengujian usability, hasil wawancara, dan juga observasi. Pengujian usability dilakukan dengan memberikan scenario tugas kepada 5 responden dengan jumlah 4 tugas untuk setiap responden. Secara keseluruhan, 17 dari 20 tugas berhasil diselesaikan dengan persentase tingkat keberhasilan sebesar 85%. Dari hasil wawancara dan observasi ditemukan 41 permasalahan. 28 masalah ditemukan dari hasill wawancara dan 13 masalah ditemukan dari hasil observasi. Permasalahan yang paling banyak ditemukan antara lain yaitu pengguna kesulitan menemukan letak dari fitur yang diinginkan, beberapa fitur dan informasi yang dibutuhkan pengguna tidak tersedia pada aplikasi, dari sisi server dan integrase yang belom optimal sehingga banyak terjadinya bug. Rekomendasi yang dihasilkan sesuai dengan permasalahan yang ada sebanyak 21 rekomendasi.