Perancangan Interaksi dan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Pelayanan Jasa Laundry menggunakan Pendekatan Human Centered Design
Kata Kunci:
perancangan, sistem informasi, Human centered design, Usability TestingAbstrak
Sebuah pelayanan jasa pasti memerlukan sebuah sistem yang dapat membantu dalam menjalankan bisnisnya. Oleh karna itu setiap pelaku bisnis untuk bisa mengembangkan bisnisnya dengan menggunakan sistem didalamnya. D'Coin laundry merupakan perusahaan pelayanan jasa laundry koin yang baru berdiri pada pertengahan tahun 2021. Dalam menjalankan bisnisnya sudah menggunakan sistem yang tersedia secara gratis di toko aplikasi. Tetapi penggunaan sistem tersebut masih belum sepenuhnya digunakan dan berfokus pada pencatatan manual karena tidak sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini untuk merancang sistem untuk menangani proses pelayanan jasa laundry di D'Coin laundry, yang dapat memenuhi kebutuhan, dan memberi pengalaman baik bagi penggunanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan Human centered design (HCD). Hasil dari penelitian ini yaitu berupa rancangan prototipe dan dievaluasi dengan teknik pengujian usability. Setelah dilakukan evaluasi dihasilkan nilaia aspek effectiveness 100% pada 3 responden dan 86% pada 1 responden. Hasil aspek efficiency pada kelompok responden pemilik sebesar 100% dan pada kelompok responden pegawai sebesar 89,8%. Lalu untuk aspek satisfaction ada 3 permasalah. Setelah itu dilakukan perbaikan prototipe sesuai dengan permasalahan pada aspek satisfaction.