Evaluasi Usability dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Aplikasi Situs Berita Kontan menggunakan Pengujian Usability
Kata Kunci:
usability, learnability, efficiency, errors, satisfactionAbstrak
Kontan merupakan portal berita ekonomi, bisnis dan dan investasi. Tidak hanya menyajikan berita dan informasi, kontan juga menyajikan data-data ekonomi makro , sektoral, hingga data pasar saham dan keuangan secara akurat, lengkap, dan terus diperbarui, dari sumber terpercaya. Selain ada pada website Kontan juga mempunyai aplikasi pada telepon seluler. Namun pada kenyataanya aplikasi ini masih mendapatkan rating yang rendah dalam playstore dan juga terdapat beberapa review yang kurang baik dari pengguna. Review tersebut dapat diduga peneliti belum memenuhi persyaratan dalam aspek Usability, yaitu learnability, efficiency, errors, dan juga satisfaction. Kemudian dilakukan evaluasi guna mengetahui permasalahan apa saja yang didapatkan dari pengujian dan observasi secara langsung kepada pengguna aplikasi Kontan. Didapatkan 4 permasalahan yang termasuk kedalam aspek usability. kemudian dibuatlah rekomendasi perbaikan antarmuka guna dapat meningkatkan nilai dari aspek usability. lalu dilakukan evaluasi yang kedua dengan menggunakan metode yang sama seperti pada evaluasi yang pertama, guna mengetahui perbandingan antara pengujian pertama dan pengujian kedua. Terjadipeningkatan pada aspek learnability sebesar 4%, pada aspek efficiency terjadi kenaikan sebesar 0,948, pada aspek errors terjadi penurunan 0,53%, daÂn juga pada aspek satisfaction terjadi kenaikan sebesar 10,583.