Perancangan Antarmuka dan Pengalaman Pengguna Aplikasi ESSA Mobile PT. Terminal Teluk Lamong menggunakan Pendekatan Human-Centered Design

Perancangan Antarmuka dan Pengalaman Pengguna Aplikasi ESSA Mobile PT. Terminal Teluk Lamong menggunakan Pendekatan Human-Centered Design

Penulis

  • Yulius Natalis Ega Pratama Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Buce Trias Hanggara Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Intan Sartika Eris Maghfiroh Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

usability, user interface, perancangan, human-centered design, system usability scale

Abstrak

PT. Terminal Teluk Lamong menggunakan teknologi informasi dalam bentuk sistem informasi kepegawaian berbasis web yaitu Employee Self Service Application (ESSA). ESSA akan dikembangkan menjadi ESSA Mobile pada akhir tahun 2022. Berdasarkan wawancara, pengguna ESSA versi website menghadapi permasalahan seperti aksesibilitas yang terbatas, proses presensi rumit, notifikasi bertumpuk, dan informasi tidak ditampilkan secara real time. Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka dan pengalaman pengguna aplikasi ESSA Mobile yang lebih aksesibel, memenuhi kebutuhan, serta menyelesaikan permasalahan pengguna yang sebelumnya dialami dalam penggunaan ESSA versi website. Penelitian ini menggunakan pendekatan Human-Centered Design (HCD) untuk merancang desain solusi. Hasil dari penelitian ini adalah prototype high-fidelity. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan usability testing untuk mengukur tiga aspek, yaitu efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna yang diukur menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS). Hasil pengujian aspek efektivitas mendapatkan nilai sebesar 95% untuk pegawai organik dan sebesar 100% untuk atasan pegawai maupun human capital. Pengujian aspek efisiensi menggunakan time-based efficiency (TBE) dan overall relative efficiency (ORE). Pengujian apsek efisiensi menghasilkan nilai TBE sebesar 0,131 goals/sec dan nilai ORE sebesar 92,43% untuk pegawai organik, nilai TBE sebesar 0,258 goals/sec dan nilai ORE sebesar 100% untuk atasan pegawai, dan nilai TBE sebesar 0,174 goals/sec dan nilai ORE sebesar 100% untuk human capital. Hasil pengujian aspek kepuasan pengguna menghasilkan skor SUS yang acceptable dengan adjektif excellent dengan nilai sebesar 80 (grade A-) untuk pegawai organik, sebesar 76,88 (grade B) untuk atasan pegawai, dan sebesar 74,17 (grade B) untuk human capital. Berdasarkan hasil pengujian, desain solusi dianggap telah berhasil untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Unduhan

Diterbitkan

01 Sep 2022

Cara Mengutip

Pratama, Y. N. E., Hanggara, B. T., & Maghfiroh, I. S. E. (2022). Perancangan Antarmuka dan Pengalaman Pengguna Aplikasi ESSA Mobile PT. Terminal Teluk Lamong menggunakan Pendekatan Human-Centered Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(8), 4039–4048. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11494

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...