Perancangan Antarmuka dan Interaksi Pengguna Website Konfirmasi Kehadiran Acara pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kediri menggunakan Metode Design Thinking
Kata Kunci:
website, design thinking, usability testing, system usability scaleAbstrak
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kediri merupakan salah satu instansi pelaksana urusan pemerintahan daerah dibidang Komunikasi dan Informatika. DISKOMINFO Kabupaten Kediri sedang merencanakan pembuatan layanan berbasis website dengan tujuan untuk mengonfirmasi kehadiran acara tanpa harus menggunakan cara manual dan mengurangi penggunaan kertas untuk melakukan konfirmasi kehadiran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dibuatlah rancangan antarmuka dan interaksi pengguna berbasis website untuk memudahkan konfirmasi kehadiran acara. Perancangan menggunakan metode Design Thinking yang terdiri dari lima tahapan empathize, define, ideate, prototype, dan test. Pengujian yang dilakukan menggunakan usability testing dengan aspek effectiveness, efficiency dan satisfaction terhadap pengguna pegawai negeri sipil (PNS) dan masyarakat. Hasil dari pengukuran aspek effectiveness pengguna pegawai negeri sipil mendapatkan 90% sedangkan pengguna masyarakat sebesar 93,3%. Aspek efficiency dari pengguna PNS mendapatkan hasil 0,102 goals/sec dan 88,65% sedangkan untuk pengguna masyarakat sebesar 0,150 goals/sec dan 94,39%. Pada aspek satisfaction dengan menggunakan system usability scale, untuk pengguna pegawai negeri sipil mendapatkan skor akhir 79,5 sedangkan masyarakat sebagai pengguna sebesar 79,2. Kedua hasil tersebut termasuk dalam kategori “acceptable†dalam kategori acceptability, sehingga hasil rancangan ide solusi dapat diterima oleh pengguna.