Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Teknologi Komunikasi pada Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer UB)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Lalu Muhammad Dzuu Mirrotin Nurkholis Diah Priharsari Satrio Agung Wicaksono

Abstrak

Dengan kehadiran COVID-19 menjadikan sistem pembelajaran berubah manjadi pembelajaran jarak jauh. Penggunaan teknologi komunikasi menjadi salah satu solusi agar tetap terlaksananya proses pembelajaran. Peran teknologi komunikasi pada pembelajaran jarak jauh dapat membantu proses komunikasi mahasiswa dengan pengajar. Diberlakukannya sistem pembelajaran jarak jauh ini membuat mahasiswa mendapatkan pengalaman baru dalam proses pembelajaran yang menggunakan teknologi komunikasi. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) yang mana model ini akan menjelaskan faktor perilaku pengguna dalam menerima teknologi. UTAUT juga digunakan dalam berbagai penelitian untuk melihat niat dan perilaku penggunaan teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan dan pemilihan teknologi komunikasi pada pembelajaran jarak jauh, serta mengetahui bagaimana pandangan mahasiswa mengenai teknologi komunikasi dalam proses pembelajaran jarak jauh. Pengumpulan dan analisis data dilakukan secara kualitatif pada mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya dengan cara wawancara dan analisis tematik. Hasil dari penelitian ini, terdapat empat faktor penggunaan teknologi komunikasi, yaitu performance expectancy, effort expectancy, social expectany, dan facilitating conditions. Dua faktor pemilihan teknologi komunikasi, yaitu kebijakan aplikasi dan performa aplikasi. Berdasaran hasil analisis tematik ditemukan bahwa teknologi komunikasi dapat membantu mahasiswa pada pembelajaran jarak jauh.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Nurkholis, L., Priharsari, D., & Wicaksono, S. Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Teknologi Komunikasi pada Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer UB). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 9, p. 4122-4127, sep. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11517>. Tanggal Akses: 28 sep. 2022
Bagian
Artikel