Pengembangan Sistem Pelayanan Pasien berbasis Web (Studi Kasus: Puskesmas Rejowinangun Kabupaten Trenggalek)
Kata Kunci:
rekam medis, pelayanan pasien, waterfall modelAbstrak
Puskesmas Rejowinangun merupakan salah satu pelayanan kesehatan di Trenggalek yang melayani 7 desa. Terdapat loket pendaftaran, pelayanan, pembayaran, dan farmasi untuk menjalankan pelayanan. Pada pelaksanaannya, Puskesmas Rejowinangun memiliki beberapa kendala. Salah satunya yaitu pemanggilan data yang sama antar dua pasien atau lebih yang dapat menyebabkan kebingungan antar pasien dan dapat memperlama waktu pelayanan. Hal tersebut terjadi karena pemanggilan pasien dilakukan menggunakan pengeras suara dengan memanggil nama, dan desa pasien. Jika data pasien tidak sama dengan rekam medis yang akan dilayani, maka pasien dipersilahkan menunggu kembali. Berdasarkan masalah yang telah dipaparkan pembangunan Sistem Pelayanan Pasien Berbasis Web dengan fitur pendaftaran pasien, pencarian data, pemanggilan pasien, pengolahan data terkait rekam medis, dan pelaporan data pelayanan diharapkan dapat menyelesaikan masalah tersebut. Pengembangan dilakukan menggunakan waterfall model. Penelitian ini mendapatkan 8 aktor dengan 78 kebutuhan fungsional dan 1 kebutuhan non-fungsional. Pengujian sistem dilakukan dengan pengujian unit dan validasi. Pengujian unit dilakukan menggunakan white-box testing diuji dengan PHPUnit mendapatkan hasil 100% valid. Pengujian validasi dilakukan untuk kebutuhan fungsional dan non-fungsional. Pengujian validasi fungsional menggunakan black-box testing mendapatkan hasil 100% valid dari 128 kasus uji. Pengujian validasi non-fungsional menggunakan pengujian compatibility menggunakan Sortsite mendapat hasil sistem dapat berjalan dengan baik pada semua browsers.